Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat Sistem Pembayaran Baru di ATM

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 7 Oktober 2020 17:58
Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat Sistem Pembayaran Baru di ATM
Cara bayar BPJS Ketenagakerjaan oleh perusahaan melalui Virtual Account kini telah bermigrasi menjadi EPS. Gimana caranya?

Sebagai suatu bentuk perlindungan kepada para pekerja, semua perusahaan wajib mengikutsertakan seluruh karyawannya dalam program BPJS. Sayangnya masih banyak yang nggak tahu nih gimana cara bayar BPJS.

Nggak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS kok karena cara bayar BPJS bisa dilakukan melalui perbankan atau bahkan ke gerai yang udah bekerja sama dengan BPJS. Contohnya nih di supermarket terdekat.

simak terus yuk ulasan Diadona dari berbagai sumber tentang cara bayar BPJS berikut:

1 dari 2 halaman

Cara Membayar BPJS Ketenagakerjaan

Cara Bayar BPJS © Diadona

Bila sebelumnya cara bayar BPJS Ketenagarkerjaan dilakukan dengan sistem Virual Acoount, maka kini BPJS mengeluarkan sistem pembayaran baru yakni Electronic Payment System (EPS). Kenapa berubah? Ini diluakan dalam rangka memenuhi amanat UU No. 24 tahun 2011 mengenai BPJS, di mana BPJS kudu melakukan peminadahan ast dengan Dana Jaminan Sosial.

EPS juga merupakan wujud transparansi dan pertanggung jawaban BPJS kepada peserta. Ditambah nih, pembayaran iuran bakalan lebih mudah dilakukan karena udah terpisah dan tergantung dari program apa yang dibayarkan.

Maksudnya gimana sih? Gini, dilansir dari Cermati, saat penggunaan Virtual Account dalam cara bayar BPJS, maka perusahaan dan pihak BPJS masih kudu berkoordinasi saat harsu melakukan proses pemisahan iuran Jaminan Kecelkaaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Hari Tua (JHT). Sedangkan bila melalui EPS, maka iuran yang dibayarkan sudah sesuai denga program yang diikuti dan dilakukan self assessment oleh perusahaannya sendiri. Hasil akhirnya, diharapkan kesalahan penghitungan dan transaksi bakalan lebih kecil kemungkinanya.

Berikut ini beberapa jensi iuran yang kduu dibayarkan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan :

- Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), besarannya ditentukan oleh risiko kecelakaan kerja, yakni 0,24% untuk risiko kecelakaan sangat rendah, 0,54% untuk tingkat risiko rendah , 0,89% untuk tingkat risiko sedang, 1,27% untuk tingkat risiko tinggi dan 1,74 untuk tingkat risiko sangat tinggi.
- Jaminan Hari Tua(JHT) sebesar 2%.
- Jaminan Kematian (JK) sebesar 0,3%.
- Jaminan Pensiun sebesar 1% dari gaji pokok.

Jika kamu menggunakan cara bayar BPJS Ketenagakerjaan melalui EPS, maka nilai iuran sudah terbagi dengan program-program di atas.

Seperti ini nih halaman Electronic Payment System (EPS) pada cara bayar BPJS Ketenagakerjaan

Perpindahan cara bayar BPJS dari VA menjadi EPS harus dilakukan dengan registrasi terlebih dulu dengan tahapan berikut ini:

- Masuk ke halaman berikut > Registrasi
- Masukkan Nomor Pendaftaran EPS BPJS Ketenagakerjaan
- Register > Pilih Perusahaan > Nama Kontak Perusahaan
- Klik salah satu NPP
- Register > Konfirmasi > OK
- Selanjutnya kamu akan menerima email aktivasi dan buka untuk melakukan registrasi
- Di dalam email, buka aktivasi E-Payment System dari BPJS Ketenagakerjaan dengan Subjek: Aktivasi Aplikasi Online E-Payment System.
- Klik atau copy link aktivasi ke browser
- Login ke Aktivasi EPS, masukkan email dan PIN
- Start Login trus masuk ke halaman Ganti PIN. Masukkan PIN lama dan yang baru trus klik Ganti PIN.
- Selesai? Yup. Nantinya kamu akan mendapatkan pemberitahuan End of Procedure.

Nah untuk bisa melakukann cara Membayar BPJS dengan EPS, perusahaan kudu mendapatkan Kode Iuran dengan login ke sini.
Pilih menu utama EPS > Identitas Perusahaan > Pilih Perusahaan. Lalu akan muncul Form Rincian Iuran, lalu lanjutkan dengan mengisi BLN IURAN.
Trus isikan Jumlah Iuran dan Denda > Proses iuran > trus lakukan konformasi OK
Nah selanjutnya kode iuran bakalan muncul dan kamu sudah bisa melakukan cara bayar BPJS di bank yang udah bekerja sama dengan BPJS.

Virtual Account akan secara otomatis dinonaktifkan begitu pembayaran dengan EPS selesai dilakukan. Kode iuran bakalan mengalami perubahan nomor dan tertulis UNPAID setiap tanggal 5, yang artinya tagihan dalam bulan tersebut belum dibayarkan. Selanjutnya, cara bayar BPJS bisa dilakukan melalui ATM yang sudah bekerjasama dengan BPJS.

2 dari 2 halaman

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Cara Bayar BPJS © Diadona

Secara garis besar nih, cara bayar BPJS mellaui mesin ATMM BRI, BNI dan Mandiri bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut ini

  • Masukkan kartu ATM beserta PIN
  • Pilih Bayar/Beli
  • Pilik BPJS
  • Pilih BPJS Ketenagakerjaan
  • Pilih e-Payment
  • Masukkan kode Iuran dengan status UNPAID trus pilih Benar
  • Setelah masuk ke menu e-Payment, pastikan bahwa Kode Iuran, Nama Perusahaan, Divisi, NPP, BLN Iuran, dan Total Iuran telah sesuai, kemudian tekan No.1
  • Selanjutnya pilih Ya/Yes

Cara bayar BPJS kini sangat mudah, kan?

Beri Komentar