Cara Investasi Emas di Pegadaian dan Bank, Jalan Aman untuk Dapat Cuan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 28 September 2020 16:22
Cara Investasi Emas di Pegadaian dan Bank, Jalan Aman untuk Dapat Cuan
Menabung doang tentu nggak akan cukup tanpa mengembangkan aset yang kamu miliki melalui investasi. Sebagai salah satu jalan yang menjanjikan, gimana sih cara investasi emas yang mudah dan aman?

Investasi emas adalah salah satu bentuk memutar dan yang dimiliki dan cocok untuk kamu yang bertipe konservatif, yakni mereka yang punya toleransi rendah pada kerugian hasil investasi. Ada beragam cara investasi emas dan berikut Diadona kasih tahu apa aja serta keuntungand an kerugiannya.

Dikutip dari Indian Times, investasi dengan emas bisa menjanjikan kentungan sekitar 4 sampia 5 persen setipa tahun. Dan tahu nggak sih kalau emas ini mungkin aja nggak ngasih kamu keuntungan yang luar biasa dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

CNBC indonesia menulis, bahwa berdasarkan data historis harga satu gram emas Antam 10 tahun yang lalu hanya sekitar Rp. 320 ribu rupiah, sedangkan saat ini sudah menembus angka di Rp. 1 juta. Tentu saja ini ada pengaruhnya dengan pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, mengingat di tahun 2019 lalu harga emas Antam masih berada di angka Rp. 713 ribu.

Memang tak terlalu menguntungkan dibanding dengan investasi di IHSG, namun ini cocok untuk kamu yang ingin memiliki aset perlindungan yang mudah dijual. Yuk cari tahu cara investasi emas yang menguntungkan

1 dari 2 halaman

Cara Investasi Emas di Pegadaian

Cara Investasi Emas © Diadona

Investasi emas di Pegadaian memiliki keuntungan beragam, yakni fasilitas yang dijamin langsung oleh pihak Pegadaian setelah seseorang saat membelinya. Ini tentu bakalan ngasih keuntungan dan rasa aman mengingat emas batangan rawan dicuri dan hilang.

Sambil belajara cara investasi emas di Pegadaian, berikut beberapa produk investasi yang dimiliki.

Produk Penjualan Fisik Emas Batangan Bernama Mulia

Yakni bentuk layanan kepada investor yang pengen punya emas batangan secara langsung, dengan berat yang tersedia dari lima gram sampai 1 kg. Yang menarik, layanan ini tersedia dalam bentuk tunai atau redit, atau bisa juga dalam bentuk pembelian koleksif. Maksudnya gimana nih? Artinya, investor bisa sharing modal antara beberapa orang, atau bisa juga nih pakai sistem arisan.

Pembelian dengan Cara Kredit

Cara investasi emas di Pegadaian untuk emas batangan ini bsia kamu lakukan dengan kredit. Kamu harus membayar sebesar 15 persen dari harga jual sebagai DP, trus angsuran dibayarkan dalam jangka waktu 3 sampai 36 bulan. Kalau sudah lunas, fisik emas batangan bisa langsung dibawa pulang.

Menabung Mulai dari Rp. 5.000 untuk Investasi Emas di Pegadaian

Cara investasi emas di Pegadaian ini sama seperti kamu menabung sejumlah uang di bank pada umumnya. Hanya aja, uang yang udah erkumpul ini nanti akan dikonversi dalam besaran gram. Nggak usa khawatir karena kamu bisa menabung dengan nilai terendah sebesar 0.01 gram.

Tabungan emas Pegadaian ini adalah cara investasi emas yang aman dan nyaman banget. Kamu nggak cuman menabung melainkan juga mendapatkan fasilitas penitipan emas yang aman dan terjamin.

Setelah terkumpul, kamu juga bsia menjual kembali emas tersebut ke PT Pegadaian atau istilahnya sih buyback. Harga yang dipatok sesuai dengan harga emas saat itu.

Jasa Titip-Jual dalam Konsinyasi Emas Pegadaian

Yakni layakan penjualan emas untuk kamu yang udah melakukan pembelian emas batangan fisik di PT Pegadaian. Istilahnya sih, titip jual.

Setelah dititip jualkan, maka emas tersebut bakalan diikutkan dalam program penjualan. Kalau ada pembeli yang membutuhkan pembelian emas secara tunai, maka emas milik investor inilah yang akan dijual lebih dulu.

Kalau udah laku, investor bakalan mendapatkan hasil bagi keuntungan. Gimana kalau belum terjual? Setiap program dibuatkan akad selama 3 bulan. Maka kalau nggak laku akan dibuatkan akad untuk kensinyasi kembali setelah jangka waktu yang ada.

2 dari 2 halaman

Cara Investasi Emas di Bank

Cara Investasi Emas © Diadona

Selain di Pegadaian, ada juga nih cara investasi emas di bank. Beberapa bank yang menawarkan program ini yaitu:

Cicil Emas - Bank Syariah Mandiri

Melalu program ini, nasabah bisa meminta pembiayaan kepada bank untuk pembelian atau kepemilikian emas batangan dengan minimal pembelian sebesar 10 gram.

Sama seperti cicilan lainnya, pembayaran dilakukan dengan cara angsuran setiap bulan dalam jumalh yang sama. Waktu pembiayaan bervariasi, mulai dari paling singkat dua tahun dan paling lama lima tahun. Cara inveasti emas di bank Syariah Mandiri ini juga bsia kok dilunasi asalkan pembiayaan udah berjalan minimal satu tahun.

Untuk cara inveastasi emas di Bank Syariah Mandiri ini, kamu harus menyiapkan dana paling tidak:

  • Minimal 20 persen dari harga perolehan emas
  • Uang muka yang harus dibayar tunai kepada bank.

Bank hanya akan memberikan peinjaman dalam cara investasi emas ini paling banyak 80 persen dari harga perolehan untuk emas jenis batangan, dengan harga yang ditentukan saat akad.

Tabungan BTN Emas iB

Sama halnya dengan cara berinvestasi emas di bank Syariah Mandiri, kamu juga bisa melakukan investasi di BTN Syariah yang menyediakan layanan pembelian dan pejualan dengan fasilitas titipan.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Bank BTN cabang terdekat ya!

Emas iB - Bank Central Asia

Cara investasi emas di BCA tak berbeda jauh dengan layanan yang disedian oleh bank lainya. Secara umum, syarat dan ketentuannya tak jauh berbeda dengan yang diberikan oleh Bank Sariah Mandiri, dengan uang muka senilai 20 persen.

Cara investasi emas di BCA bisa melalui pembayaran autodebet dari rekening yang sduah dimiliki. Untuk keterangan lebih lanjut,kamu bsia mengakses informasi di laman bank BCA berikut ini.

Beri Komentar