Cara Membeli Saham yang Aman Bagi Pemula Lewat Sekurtitas, Pahami Tahapannya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 12 September 2020 10:48
Cara Membeli Saham yang Aman Bagi Pemula Lewat Sekurtitas, Pahami Tahapannya
Inilah cara membeli saham yang aman dan pas buat investor pemula.

Seperti yang diketahu, saham merupakan salah satu instrumen investasi yang paling diminati saat ini karena keuntungan yang ditawarkan dan kemudahan transaksi jual-belinya secara online.

Sehingga, untuk kamu para investor pemula tak perlu bingung bagaimana menapatkan saham yang kamu ingikan, sebab cara membeli saham sebenarnya cukup mudah asal memahami panduannya.

Sebab, banyak orang yang tidak menghiraukan cara membeli saham yang akhirnya berujung gagal. Padahal, saham sendiri membutuhkan proses belajar yang bertahap dan tak bisa dipahami dalam waktu singkat.

Nah, kalau kamu tertarik untuk ikut berinvestasi saham dan bingung bagaimana cara membeli saham, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membeli Saham Bagi Pemula

Cara Membeli Saham © Diadona

Pada umumnya, tujuan orang berinvestasi di saham sebab memiliki harapan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, yang namanya investasi tentu selalu memiliki risiko di dalamnya. Risiko inilah yang penting untuk diminimalisir supaya tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

Untuk itu, ada beberapa tahapan dalam memulai berinvestasi dan membeli saham. Panduan ini wajib kamu pahami supaya lihai berinvestasi di pasar modal. Berikut panduan dan cara membeli saham yang lengkap untuk investor pemula.

1. Belajar dan Pahami Ilmu Dasar Saham

Cara membeli saham bagi pemula yang paling dasar dan utama ialah dengan memahami apa itu saham serta bagaimana mekanisme saham tersebut dapat dijalankan. Hal ini sangat perlu dilakukan karena apabila dilewatakan, hanya akan membuat kamu menjadi bingung dan tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan ketika bermain saham.

Selain itu, kamu juga perlu memahami keuntungan dan risiko yang biasa terjadi di dalam investasi saham agar kamu lebih siap menghadapi apapun yang akan terjadi ke depannya. Sebab, semakin besar keuntungan maka akan semakin besar pula risiko yang mungkin akan terjadi.

2 dari 3 halaman

2. Tentukan Perusahaan Sekuritas

Cara Membeli Saham © Diadona

Cara membeli saham bagi pemula yang selanjutnya adalah dengan menentukan mana perusahaan sekuritas yang akan membantumu untuk menjadi perantara saat bermain saham.

Untuk keamanan transaksi, pilihlah perusahaan sekuritas yang terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun beberapa perusahaan sekuritas di Indonesia yang cukup familiar, antara lain seperti BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Indo Premier Sekuritas, dan masih banyak lagi.

3. Mulai Memilih Saham

Jika cara membeli saham bagi di atas sudah dilakukan dan kamu sudah memiliki rekening saham, maka langkah berikutnya ialah dengan menentukan mana saham yang akan dibeli.

Namun sebelum membeli saham tersebut, jangan lupa untuk memilih jenis saham yang paling menguntungkan. Selain menguntungkan, saham tersebut juga harus memiliki risiko yang rendah. Sehingga pada tahap yang ini wajib dipahami sebagai cara membeli saham bagi pemula.

3 dari 3 halaman

4. Pelajari dan Analisa Kondisi Perusahaan

Cara Membeli Saham © Diadona

Kalau sudah menentukan metode investasi saham, cara membeli saham bagi pemula berikutnya adalah kamu perlu mempelajari dan menganalisa kondisi perusahaan. Pertama ketahui dulu latar belakang dan sepak terjang perusahaan dalam pengembangan usaha.

Selain itu, pertimbangkan juga faktor eksternal yang bisa mempengaruhi nilai saham perusahaan itu nantinya. Sebab, ada beberapa perusahaan yang nilai sahamnya mudah anjlok sebab isu sosial politik dalam negeri atau sebagainya.

5. Lakukan Pembelian Saham

Setelah mempelajari dan menganalisa kondisi perusahaan untuk menentukan saham, langkah terakhir dari cara membeli saham bagi pemula ialah kamu bisa mulai untuk membeli saham yang sudah dipilih tersebut.

Untuk cara membeli saham tersebut, kamu bisa membelinya melalui broker untuk membeli saham yang kamu inginkan atau melalui aplikasi trading saham online. Selain itu, kamu juga harus selalu update mengenai informasi terbaru tentang naik turunnya harga saham yang ada di pasaran setiap hari.

Itulah cara membeli saham bagi pemula yang sangat mudah diterapkan, bukan? Namun, dalam bermain saham sangat diperlukan kesabaran serta kehati-hatian, ya. Sebab, kalau kamu gegabah saat membeli saham yang ada di pasaran, maka akan berisiko menimbulakan kerugian. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Beri Komentar