Cara Menabung yang Baik untuk Masa Depan, Dijamin Efektif dan Mudah Dipraktikkan

Moneytalk | Selasa, 22 September 2020 09:01
Cara Menabung yang Baik untuk Masa Depan, Dijamin Efektif dan Mudah Dipraktikkan

Reporter : Novi Hardita Larasati

Inilah cara menabung yang baik dan benar untuk masa depan.

Pada umumnya, menabung merupakan hal yang bisa kamu lakukan jika pendapatanmu lebih banyak dari kebutuhan sehari-hari. Namun, sayangnya tidak sedikit orang masih kesulitan dalam mengatur keuangan.

Pasalnya, setiap orang memang semestinya memiliki simpanan dana untuk mengejar target, apa yang ingin dicapai untuk kesejahteraan hidup di kemudian hari. Seperti memiliki investasi tanah untuk hari tua yang nyaman. Semua itu bisa terpenuhi kalau kamu tahu bagaiaman cara menabung yang baik.

Tidak mengapa Kalau saat ini kamu masih kesulitan. Sebab, Diadona.id akan memberikan beberapa cara menabung yang baik, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Cara Menabung yang Baik untuk Masa Depan

 Cara Menabung yang BaikCara Menabung yang Baik © shutterstock.com/fizkes

Kebanyakan orang sebenarnya sudah mulai memikirkan untuk memiliki tabungan yang bisa dipergunakan untuk keinginan atau tujuan yang ingin dipenuhi di masa depan.

Akan tetapi, tak sedikit juga yang masih bingung bagaimana memulai cara menabung yang baik hingga apa bentuk tujuan yang ingin dicapainya. Nah, untuk mengusir keresahanmu tersebut, simak beberapa tips berikut ini.

1. Membuat Catatan Pengeluaran Pribadi

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara menabung yang baik untuk masa depan ialah membuat catatan pengeluaran pribadi. Pasalnya, kebanyakan orang tidak sadar sudah menghabiskan uang dan terheran karena tidak tahu kemana uang mereka dihabiskan.

Sehingga, untuk mengantisipasi hal tersebut dalam kondisi yang sama, maka mulai sekarang biasakan untuk membawa catatan kecil kemana pun kamu pergi untuk mencatat pengeluaran sekecil apapun.

2. Tetapkan Anggaran

Cara menabung yang baik untuk masa depan selanjutnya adalah dengan menetapkan anggaran. Singkatnya, kami merekomendasikan anggaran 50/30/20 untuk manajemen uang cerdas.

Jadi, luangkan 50% dari penghasilan untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan. Nah, kalau kamu menemukan salah satu alokasi ini melebih presentase, maka buat beberapa penyesuaian supaya sesuai dengan rumus.

3 dari 5 halaman

3. Hindari Kredit atau Cicilan

 Cara Menabung yang BaikCara Menabung yang Baik © shutterstock.com/Alohaflaminggo

Selain menetapkan anggaran, salah satu cara menabung yang baik untuk masa depan ialah dengan menghindari kredit atau cicilan. Dengan begitu, kamu pun akan bisa mengumpulkan pemasukanmu setiap bulan untuk membeli suatu barang yang dibutuhkan.

4. Menabung untuk Hari Tua

Ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan supaya di hari tuamu kelak akan terasa nyaman dan aman. Setidaknya, kamu perlu memperhitungkan kebutuhan setelah pensiun yang meliputi rumah, biaya kesehatan, serta kebutuhan sehari-hari.

Sebab, setelah tidak lagi bekerja, tentu pemasukan akan terhenti. Sehingga selama kamu masih bekerja, sebaiknya kamu menyimpan uang sedikit demi sedikit setiap bulannya, dan ditargetkan setelah pensiun telah terkumpul sebanyak 78-94% dari pendapatan sebelum pensiun. Hal ini menjadi cara menabung yang baik paling efektif, lho!

5. Biasakan Belanja dengan Cerdas

Cara menabung yang baik untuk masa depan berikutnya adalah jangan membiasakan belanja dengan terburu-buru, apalagi dalam kondisi yang lelah. Sebab, hal ini sangat beresiko membuatmu lebih boros dalam membei barang, bahkan untuk barang yang tidak penting sekalipun.

4 dari 5 halaman

Cara Menabung yang Baik dalam Rumah Tangga

 Cara Menabung yang BaikCara Menabung yang Baik © shutterstock.com/pickingpok

Agar finansial dalam rumah tangga bisa terjaga dengan baik tentunya setiap istri harus bisa mengatur keuangan rumah tangga secara cermat. Hal ini berlaku untuk semua, entah yang bergaji besar ataupun kecil, tetap saja manajemen uang itu penting.

Untuk itu, berikut ada beberapa cara menabung yang baik dalam rumah tangga supaya pendapatan dan pengeluaran seimbang, bahkan bisa untuk investasi masa depan.

1. Kalkulasi Seluruh Pendapatan

Langkah awal dalam cara menabung yang baik dalam rumah tangga adalah menjumlah seluruh pendapatan yang diperoleh, baik dari gaji bulanan, upah lembur, penghasilan tambahan, hingga imbal hasil investasi. Hal ini berfungsi untuk mengetahui seberapa besar dana yang bisa dialokasikan untuk masing-masing kebutuhan, yakni kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. 

2. Memasak Sendiri

Setelah kamu berhasil membuat kalkulasi seluruh pendapatan, maka cara menabung yang baik dalam rumah tangga ialah dengan memasak sendiri. Sebab makanan luar itu harganya dominan mahal, lho! Bahkan selisihnya cukup jauh daripada memasak sendiri di rumah.

Sehingga, jika kamu memilih untuk memasak sendiri, kamu hanya perlu membeli bahan-bahan mentah yang harganya cenderung murah lalu diolah sendiri, pastinya lebih terjangkau dan terjamin kebersihannya.

5 dari 5 halaman

3. Gunakan Transportasi Umum

 Cara Menabung yang BaikCara Menabung yang Baik © shutterstock.com/Tinnakorn jorruang

Sekarang mungkin saat yang tepat dalam cara menabung yang baik dalam rumah tangga adalah dengan memulai mencoba menggunakan transportasi umum. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya bensin atau service kendaraan.

4. Terapkan Peraturan Hemat Listrik

Rasanya hampir semua peralatan di rumah membutuhkan listrik. Mulai dari pemakaian lampu, rice cooker, pompa air, televisi, AC, kipas angin, kulkas, laptop sampai ponsel pun butuh listrik.

Jika kamu tidak bisa mengatur pemakaiannya dengan baik, bisa-bisa tagihan listrikmu menjadi membengkak dan membebani anggaran bulanan. Sehingga, tips berikutnya cara menabung yang baik dalam rumah tangga ialah dengan menghemat pemakaian listrik di rumah.

5. Tinggal di Daerah yang Murah

Hal ini mungkin terdengar sepele atau justru sulit untuk dilakukan. Namun kamu tidak bisa memungkiri bahwa tinggal di ibukota dengan membandingkan tinggal di kota kecil yang tidak berpenduduk padat, akan memiliki biaya hidup yang berbeda.

Selain membuatmu lebih hemat, memilih tinggal di daerah yang murah juga membebaskanmu dari perilaku konsumif.

Itulah cara menabung yang baik yang bisa kamu lakukan untuk masa depan dan kebutuhan rumah tanggamu kelak terpenuhi. Semoga bermanfaat!

Join Diadona.id