Cara Menggunakan Kartu Kredit BCA dan Mandiri Pertama Kali dan Tips Biar Nggak Berhutang

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 16 Oktober 2020 04:42
Cara Menggunakan Kartu Kredit BCA dan Mandiri Pertama Kali dan Tips Biar Nggak Berhutang
Cara menggunakan kartu kredit yang tak bijak justru berpotensi menimbulkan permasalahan hutang. Kayak begini nih cara pakai kartunya dan gimana agar tak sampai kebablasan.

Penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran sudah jadi hal yang biasa banget dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, patuhi segala disiplin finansial ya dan lakukan cara menggunakan kartu redit secara bijaksana.

Pemakaian kartu kredit memungkinkan kita untuk 'meminjam' terlebih dahulu sejumlah uang dari bank sejumlah limit kartu kita, lalu dibayarkan kemudian. Kalau digunakan secara kurang bijak, kartu kredit malah jadi sarana belanja yang tak perlu karena merasa memiliki uang. Padahal, uang pinjaman tersebut kan harus dikembalikan. Namun cara menggunakan kartu kredit yang cermat bisa memberikan banyak manfaat terutama banjirnya diskon untuk produk tertentu.

Untuk kamu yang baru punya kartu kredit pertama kali, mungkin masih bingung nih gimana cara menggunakan kartu kredit tersebut. Yuk kepoin terus ulasan Diadona yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Kartu Kredit BCA Pertama Kali

Cara Menggunakan Kartu Kredit © Diadona

Pengajuan kartu kredit biasanya bisa dilakukan tanpa harus datang ke bank. Begitu disetujui, maka kartu bakalan dikirim di alamat kamu.

Apakah langsung bisa digunakan? Tentu tidak dong. Cara menggunakan kartu kredit pertama kali harus melalui aktiviasi terlebih dahulu biar bisa digunakan secara online ataupun offline.

Aktivasi kartu dan PIN hanya bisa dilakukan dari nomor HP yang udah kamu daftarkan saat melakukan pengajuan kartu kredit.

Cara aktivasi Kartu Kredit BCA bisa kamu lakukan melalui langkah berikut:

Ketik SMS dengan format AKT(spasi)KK#Nomor Kartu Kredit#Tanggal lahir dan kirim ke 69888

Contoh : AKT KK#1234567890123456#120675
kirim ke 69888

Lalu kamu harus membuat PIN terlebih dahulu dengan cara berikut:

Ketik SMS dengan format REQ[spasi]KODE[spasi]OTENTIKASI#nomor kartu kredit. Contoh REQ KODE OTENTIKASI#123459393939239 lalu kirim ke 69888.

Selanjutnya kamu bakalan mendapatkan sms berisi 6 digit kode otentikasi. Dicatat ya karena ini akan digunakan untuk proses pengaktifan PONK

Selanjutnya buka halaman Kartu Kredit BCA berikut ini, trus pilih deh menu Fasilitas Online - Aktivasi PIN.

Lalu masukkan nomor kartu Kredit BCA, tanggal lahir, nomor ponsel yang terdaftar, tanggal expired dan kode verifikasi yang tampak pada layar lalu pilih Proses. Lalu pilih Aktivasi PIN Kartu Kredit BCA. Pilih kartu kredit mana yang akan kamu aktivasi PIN, trus klik Proses.

Kode otentifikasi yang dikirimkan dari sms sebelumnya harus kamu masukkan trus klik Proses. Lalu masukkan PIN Kartu Kredit kamu, lakukan sebanyak dua kali.

Kalau aktivasi PIN dalam cara menggunakan kartu kredit ini berhasil, maka kamu akan menerima sms dari BCA yang menginfokan kalau proses berhasil dan kartu kamu sudah bisa digunakan untuk transaksi belanja online maupun offline.

Kalau kamu pemegang Kartu Kredit BCA Everyday Card, maka kamu cuman bisa menggunakan kartu ini untuk belanja secara offline. Berbeda dengan visa atau mastercard dimana cara menggunakan kartu kredit ini bisa dilakukan untuk transaksi online baik di dalam maupun luar negeri.

Kartu kredit BCA yang udah aktif langsung bisa kamu gunakan saat itu juga. Berbeda dengan cara menggunakan kartu kredit berlogi visa atau mastercard yang harsu menunggu proses 1x24 jam terlebih dahulu untuk melakukan transaksi.

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Kartu Kredit BCA

Ilustrasi kartu kredit © Diadona

Gimana cara menggunakan kartu kredit BCA untuk membayar suatu belanja offline?

Kamu tinggal menyerahkan kartu tersebut kepada kasir, selanjutnya aksir bakalan bertanya nih apakah kamu menggunakan PIN atau tanda tangan. Pastikan bahwa total belanjaan yang harus kamu bayar masih berada dalam limit kartu kredit. Gimana cara mengetahuinya? Bisa lewat BCA Mobile, Klik BCA.

Setelah transaksi selesai, maka limit kamu akan berkurang sesuai dengan nominal transaksi kamu. Pastikan untuk membayarnya dan tahu betul bahwa kartu kredit adalah alat pembayaran ya, bukan alat berhutang.

Untuk cara menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran belanja online, kamu tinggal memasukkan nama pemilik, nomor kartu, tanggal expired, serta kode CVV. Selanjutnya kamu akan mendapatkan sms berupa kode OTP

Sebenarnya cara menggunakan kartu kredit hampir sama dengan penggunaan kartu debit kok, hanya saja perlu diaktifkan terlebih dahulu lalu buat PIN untuk transaksi.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Kartu Kredit Mandiri

Ilustrasi kartu kredit © Diadona

Masih bingung gimana cara menggunakan kartu kredit bank Mandiri? Dikutip dari website mereka, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan nih.

Pertama, lakukan tahap aktivasi kartu melalui Mandiri SMS atau Mandri Call. Selanjutnya kamu harus mendapatkan PIN Mandiri yang bisa kamu lakukan melalui email atau ATM.

Lebih lanjut, kamu bisa simak dalam penjelasan berikut.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Cara Menggunakan Kartu Kredit © Diadona

Banyak yang bilang kalau kartu kredit bikin kamu boros dan berpotensi menumpuk hutang. Eits, berarti kamu nggak menggunakannya dengan bijaksana.

Kartu kredit adalah alat pembayaran, bukan nominal uang yang bisa kamu gunakan dengan foya-foya karena kamu toh akan tetap membayarnya, kan? Dengan penerapkan pemikiran kalau kartu kredit adalah hutang yang kudu kamu bayar, kamu bisa mengontrol pemakaiannya.

simak deh cara menggunakan kartu kredit berikut ini:

Satu Kartu Aja

Bikin aturan pribadi kalau kamu kudu cuman punya satu kartu kredit yang kamu jaga pengeluarannya.

Hindari Pengeluaran Godaan

Tahu sih kartu kredit adalah fasilitas untuk berhutang, tapi bukan berarti kamu bisa menggunakannya untuk pengeluaran tak terduga yang tak seberapa penting. Kalau kamu ingin membeli sesuatu di luar budget kamu, maka menabunglah.

Segera Lunasi Setiap Bulan

Jangan sampai hutang kartu kredit kamu menumpuk ya! Kalau perlu, segera transfer pembayarannya begitu kamu mendapatkan uang. Hindari penumpukan hutang kartu kredit.

Cara menggunakan kartu kredit yang bijaksana sebenarnya sangat menguntungkan karena biasanya mereka memiliki ragam program menarik dan diskon untuk pemebkian tertentu. Jangan sampai terkena jeratnya yah!

 

Beri Komentar