Cara Unik Menabung dari Kembalian Jajan, Dijamin Uang Cepat Terkumpul!

Moneytalk | Selasa, 24 November 2020 08:57
Cara Unik Menabung dari Kembalian Jajan, Dijamin Uang Cepat Terkumpul!

Reporter : Mila Ismiranda

Nabung jadi gampang banget!

Untuk hidup seseorang perlu menabung. Mungkin terkesan mudah kalau hanya dibicarakan, tapi kenyataannya tak semudah itu. Setuju?

Melansir Fortune ada sebuah riset yang mengatakan bahwa anak muda khususnya sering bingung menentukan bagaimana cara menabung. Ditambah lagi setiap mengumpulkan uang, selalu ada saja godaan yang membuat gagal.

Menurut riset tersebut 88% dari anak muda tidak kuat menahan ajakan temannya untuk jalan-jalan, 6,5% mengaku tak bisa menahan untuk tidak jajan, sedangkan 5,5% kerap sulit untuk menunda beli barang branded

Lalu adakah cara menabung yang tepat untuk menahan godaan seperti di atas? Jawabannya, ada sayang ada~ 

2 dari 2 halaman

Metode Pembulatan

Metode pembulatan ini bisa jadi cara yang unik untuk menabung.

Jadi, setiap kali kamu jalan-jalan, jajan, ataupun beli barang branded, terapkanlah pembulatan.

Misal, kamu ingin jajan makanan yang harganya Rp26 ribu. Bulatkan jadi Rp30 ribu. Masukkan dalam catatan pengeluaran kamu bahwa kamu baru saja jajan Rp30 ribu. Namun pada praktiknya, sisa Rp4.000 tadi kamu masukkan dalam tabungan sementara.

Contoh lain misalnya kamu berlibur. Estimasi liburan kamu kira-kira Rp430 ribu. Maka bulatkanlah jadi Rp500 ribu dalam catatanmu. Kemudian masukkan Rp70 ribu ke dalam tabungan.

Jika hal ini kamu terapkan secara disiplin, percaya deh tidak terasa uang kembalian kamu akan semakin banyak. Setelah terkumpul banyak, kamu bisa tabung di bank atau tukarkan dengan pecahan Rp50 ribu atau Rp100 ribu untuk setor tunai lewat mesin ATM.

Gampang banget kan? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Join Diadona.id