Dorong Perempuan Mandiri Finansial, Oki Setiana Dewi Dirikan Komunitas Sahabat Khadeejah

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 31 Mei 2021 17:01
Dorong Perempuan Mandiri Finansial, Oki Setiana Dewi Dirikan Komunitas Sahabat Khadeejah
Sumbangsih Oki Setiana Dewi untuk perempuan Indonesia.

Aktris, penulis, dan pendakwah Oki Setiana Dewi baru saja meluncurkan sebuah komunitas yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan. Sahabat Khadeejah adalah nama komunitas yang didirikan Oki untuk membantu sesama perempuan agar dapat memiliki kemandirian dalam hal finansial.

"Saya berpikir bahwa sepertinya harus ada komunitas baru yang mana di dalam komunitas tersebut berisi pelatihan-pelatihan agar, terkhususnya para wanita, bisa mendapatkan penghasilan sendiri," ungkap Oki Setiana Dewi dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram miliknya.

1 dari 4 halaman

Kontribusi Finansial dari Perempuan

Niat Oki Setiana Dewi mendirikan komunitas Sahabat Khadeejah berawal dari keinginannya agar para perempuan bisa tetap berkontribusi dalam hal finansial meski tak menjadi tulang punggung utama dalam keluarga.

" Memang perempuan-perempuan ini bukan tulang punggung keluarga, tapi terkadang dalam perjalanan hidup, ada saja hal-hal yang membuat kita harus memiliki penghasilan sendiri. Ada yang mungkin ayah atau suami kita sakit, di-PHK, atau mungkin meninggal dunia sehingga mau tidak mau seorang perempuan harus berpikir bagaimana caranya menghasilkan uang sendiri," terang Oki Setiana Dewi.

" Ini adalah suatu ikhtiar agar wanita-wanita bisa berdikari, berdaya, dan mandiri secara finansial," imbuhnya.

2 dari 4 halaman

Pelatihan Dagang

Cara yang ditawarkan oleh Oki Setiana Dewi untuk para perempuan agar dapat memiliki penghasilan sendiri adalah dengan memberi pelatihan berdagang. Dengan biaya pendaftaran Rp 99 ribu, Oki akan memberikan ilmu berdagang lewat para mentor berpengalaman untuk para peserta.

" Kenapa harus bayar? Karena untuk menunjukkan keseriusan sebetulnya, karena kalau gratis biasanya nggak serius," ujar Oki Setiana Dewi.

Ia menjelaskan bahwa pelatihan yang diberikan akan berupa penjelasan langsung dan tertulis berbasis modul.

" Dengan RP 99 ribu itu, temen-temen akan mendapat pelatihan seterusnya. Seminggu sekali akan diadakan webinar, dilatih oleh mentor-mentor berpengalaman. Setiap hari di grup temen-temen juga dibimbing, diberi modul bagaimana temen-temen bisa menjadi pedagang," papar Oki Setiana Dewi.

3 dari 4 halaman

Bentuk Usaha

Oki Setiana Dewi menyebut bahwa dengan mengikuti kegiatan komunitas Sahabat Khadeejah tak serta-merta membuat pesertanya sukses berdagang. Namun ia menawarkan pelatihan tersebut sebagai bagian dari praktik sharing ilmu dan usaha untuk meraih keberhasilan, utamanya kemandirian finansial untuk perempuan.

"Tidak ada yang bisa menjamin kita jadi pedagang sukses, tapi setidaknya ketika kita belajar, berilmu, dan tahu caranya, maka kita bisa melangkah dengan tepat," pungkas Oki Setiana Dewi.

      View this post on Instagram

A post shared by Oki Setiana Dewi (@okisetianadewi)

Beri Komentar