Ini Penyebab Banyak Investor Lirik Bisnis Jalan Tol

Moneytalk | Selasa, 9 Maret 2021 05:45
Ini Penyebab Banyak Investor Lirik Bisnis Jalan Tol

Reporter : Hevy Zil Umami

Jalan tol adalah salah satu investasi paling menarik saat ini. Melihat hal tersebut, Direktur Keuangan PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Donny Arsal mengatakan ada sejumlah alasan menarik.

" Memang sekarang mulai banyak investor yang melirik jalan tol sebagai salah satu investasi," kata Donny dalam acara Zoomba Forum Wartawan BUMN, seperti dikutip Diadona.id dari Liputan6.com, Senin (8/3/2021).

Dalam paparannya, kata Donny, Jasa Marga memiliki 13 ruas tol matang yang mampu bertahan. Meski sempat terputus-putus, jalan tol tetap akan memberikan kontribusi maksimal saat pemulihan ekonomi kembali terjadi.

2 dari 4 halaman

 Ilustrasi Jalan TolIlustrasi Jalan Tol © 2021 https://www.unsplash.com/Thomas Despeyroux

" Kita memiliki 13 mature toll roads yang memberikan resilient terhadap market, di mana kita tahun tahun 1998 krisis keuangan revenue hanya drop 20 persen, yang menarik adalah 1999 revenue bahkan melebihi sebelum krisis," ujarnya.

Donny juga mengatakan, pemulihan yang terjadi pada jalan tol berlangsung cepat dan mampu menahan kondisi ekonomi yang sulit.

3 dari 4 halaman

 Ilustrasi Jalan TolIlustrasi Jalan Tol © 2021 https://www.unsplash.com/Derek Lee

" Jadi memang memiliki recovery time yang sangat cepat dan tidak seperti industri lain yang turun sangat tajam. Tahun 2008 dan 2015 juga mengalami slow down, tapi kita tol tetap tumbuh," tutur dia.

Saat pandemi COVID-19, Donny juga mengatakan penurunannya hanya belasan persen.

4 dari 4 halaman

 Ilustrasi Jalan TolIlustrasi Jalan Tol © 2021 https://www.unsplash.com/Nick Fewings

" Tahun 2020 kita tahu revenue kita juga drop tapi lebih kurang hanya belasan persen," kata dia.

" Jadi meskipun pandemi menghantam banyak industri dan cukup berat, tapi penurunan kita hanya terjadi di belasan persen ini menunjukan bila industri ini sangat baik terhadap gejolak ekonomi," ia menambahkan.

Join Diadona.id