Liburan Senang Kantong Aman, Yuk Intip Tips Anti Bokek saat Hari Natal dan Tahun Baru!

Reporter : Mila
Sabtu, 12 Desember 2020 08:57
Liburan Senang Kantong Aman, Yuk Intip Tips Anti Bokek saat Hari Natal dan Tahun Baru!
Jangan sampai dompetmu kering!

Hari Natal dan Tahun Baru jadi momen yang paling dinanti banyak orang, terutama umat Kristian. Selain berkumpul bersama keluarga serta kerabat, Hari Natal dan Tahun Baru juga bisa jadi momen tukar kado yang biasanya hanya terjadi setahun sekali.

Momen Hari Natal dan Tahun Baru memang menyenangkan, tapi biasanya akan membuat kantong menipis karena banyak pengeluaran yang harus di-cover. Mulai dari membeli beragam barang, dan mentraktir orang lain sampai melupakan bujet yang sudah ditetapkan.

Biar gak terulang lagi di tahun ini, yuk ikuti tips anti bokek saat Hari Natal dan Tahun Baru di bawah ini!

1 dari 4 halaman

Menabung Seawal Mungkin

Tips Anti Bokek saat Hari Natal dan Tahun Baru © Diadona

Salah satu cara paling mudah biar gak 'kaget' saat momen Hari Natal dan Tahun Baru adalah menabung/ menyicil uang anggaran sedini mungkin atau dari jauh-jauh hari.

Kalau kamu nabung mendekati Hari H, akibatnya jumlah uang yang terpotong akan semakin banyak di bandingkan kamu menyicil dari beberapa bulan sebelumnya. 

2 dari 4 halaman

Menggunakan THR dengan Bijak

Tips Anti Bokek saat Hari Natal dan Tahun Baru © Diadona

Buat kamu umat Kristiani, perusahaan biasanya memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) sekitar dua minggu sebelum hari Natal. Tapi, jangan kalap dan langsung menghabiskan uang dalam waktu sekejap.

Paling gak kamu harus memikirkan bagaimana uang THR itu menjadi simpanan setelah momen Natal dan Tahun Baru. Kamu bisa sisihkan sekitar 20 hingga 30 persen uang THR untuk kebutuhan lainnya dan tentunya investasi.

3 dari 4 halaman

Prioritas dan Pencatatan

Tips Anti Bokek saat Hari Natal dan Tahun Baru © Diadona

Agar budget Hari Natal dan Tahun Baru gak bocor, kamu harus membuat skala prioritas. Seperti contohnya barang-barang apa saja yang akan dibeli sebagai hadiah maupun keperluan pribadi. Jangan lupa juga, kamu perlu mengalokasikan budget untuk kegiatan bersama keluarga atau teman seperti hangout, makan malam, sampai traveling.

Yang terpenting adalah jangan lupa mencatat arus keuangan. Pencatatan arus kas bisa digunakan sebagai bahan evaluasi untuk momen berikutnya tahun depan.

4 dari 4 halaman

Batasi Pengeluaran

Tips Anti Bokek saat Hari Natal dan Tahun Baru © Diadona

Membatasi jumlah uang yang dikeluarkan selama momen Hari Natal dan Tahun Baru juga gak kalah penting. 

Kamu harus bisa menahan hasrat membeli sesuatu. Apalagi untuk kamu yang hobi banget berbelanja di mal maupun online shop. Dengan menghemat begitu, dompet kamu dijamin gak kempes lagi sampai Tahun Baru.

Semoga tips ini bisa membantu ya. Selamat Natal dan Tahun Baru!

Beri Komentar