Merasa Boros dan Ingin Mulai Menabung? 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 12 Agustus 2020 16:40
Merasa Boros dan Ingin Mulai Menabung? 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan
Yuk mulai berhemat!

Ada pemasukan, maka akan ada pengeluaran. Hal ini tergolong wajar, namun jadi berbahaya jika pengeluaran ternyata lebih banyak dari pemasukan. Padahal idealnya, pemasukan dan pengeluaran seimbang, atau lebih baik lagi jika pemasukannya lebih banyak.

Kondisi pengeluaran lebih banyak dari pemasukan inilah yang disebut pemborosan. Hal ini terjadi karena kita kerap tak bisa mengontrol hasrat untuk mengeluarkan uang yang baru diterima. Kita lupa bahwa di antara pemasukan dan pengeluaran, ada satu proses yang bernama menabung.

Untuk kamu yang sudah merasa terlalu boros dan ingin segera mulai menabung, hal-hal berikut inilah yang perlu kamu perhatikan.

1 dari 5 halaman

1. Kenali kekayaanmu

Ilustrasi uang © Diadona

Untuk memperbaiki suatu obyek, tentu kita harus lebih dulu mengenalinya secara mendalam. Begitu pula dalam hal keuangan. Kalau kamu sudah merasa dirimu boros, maka kenalilah obyek yang membuatmu berperilaku demikian, dalam hal ini uang.

Mengenali kekayaan dilakukan dengan mengecek segala arus keuangan mulai dari pemasukan sampai pengeluaran rutin serta mengecek kepemilikan aset. Tujuannya adalah untuk mengetahui asal sumber keborosanmu sehingga ke depan bisa memilih metode berhemat yang sesuai.

2 dari 5 halaman

2. Kecil-kecil tapi konsisten

Ilustrasi menabung © Diadona

Kalau ditanya berapa persentase uang yang ideal untuk mulai menabung, jawabannya akan berbeda-beda tergantung kondisi keuangan masing-masing, seperti disebut di poin pertama.

Oleh karena itu, sisihkan uang dengan porsi yang realistis. Nggak perlu terlalu ambisius dengan menabung nominal besar, tapi justru nggak bisa konsisten dan malah menyusahkan kehidupanmu. Menabung dengan nominal proporsional walaupun nggak besar akan lebih baik karena yang ditekankan dalam hal menabung adalah konsistensi.

3 dari 5 halaman

3. Tahan diri dalam belanja

Ilustrasi belanja © Diadona

Tentu yang dimaksud " belanja" dalam hal ini adalah pembelian barang-barang di luar kebutuhan utama. Pembelian barang-barang hobi dan rekreasional seringkali memang jadi pusat kebocoran finansial yang paling besar tapi juga paling sering dimaklumi.

Mulailah mengontrol pembelanjaan barang-barang tersebut, misalnya dengan membuat komitmen hanya membeli satu barang saja dengan batas harga tertentu setiap bulannya.

4 dari 5 halaman

4. Cari penghasilan tambahan

Ilustrasi jualan online © Diadona

Apabila kamu sudah mulai menabung tapi masih merasa hasilnya kurang efektif, maka jawabannya bisa jadi adalah dengan menambah sumber pemasukan. Makin banyak uang, makin banyak pula yang bisa disisihkan untuk ditabung. Masuk akal kan?

Ambil kerja sampingan di luar pekerjaan rutin di perusahaan. Banyak pilihan yang bisa kamu ambil mulai dari investasi, jualan online, sampai menjajakan jasa sesuai softskill yang kamu miliki. Sebisa mungkin pilih bidang yang kamu suka dan kuasai agar dalam pengerjaannya tak terasa sebagai beban tambahan.

Beri Komentar