Pemasukan Nggak Seberapa, Masih Perlukah Mengatur Keuangan?

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 15 Januari 2021 19:40
Pemasukan Nggak Seberapa, Masih Perlukah Mengatur Keuangan?
Cari tau apa pentingnya pengaturan keuangan untuk gaji pas-pasan yuk.

Belakangan ini, informasi terkait perencanaan keuangan semakin sering kita lihat di berbagai platform. Rasanya nggak mungkin ada satu hari di mana kita nggak terpapar berbagai kiat mengatur finansial.

Banyak yang senang karena semakin merasa terbantu dalam mengatur keuangan. Namun nggak sedikit juga yang masih merasa bingung, apakah perencanaan keuangan masih perlu untuk kita-kita yang berpenghasilan pas-pasan?

Eits, jangan keburu anti dengan perencanaan keuangan. Simak dulu yuk ulasan berikut ini!

1 dari 4 halaman

Pengaturan Keuangan Selalu Penting

" Pemasukanku pas-pasan, uangku sedikit, apanya yang mau diatur dan direncanakan?"

Bicara soal pengaturan keuangan rupanya sama sekali tak berurusan dengan banyak sedikitnya uang yang dimiliki. Mau banyak atau sedikit, uang yang dimiliki tetap harus dikelola dengan baik. Tanpa pengelolaan yang baik, maka hasilnya akan sama, yakni keuangan bakal berantakan.

Penghasilan kecil dengan pengelolaan yang baik maka tetap bisa memberikan hasil yang maksimal. Sebaliknya, punya uang banyak tapi nggak punya bekal perencanaan maka akan sia-sia.

2 dari 4 halaman

Langkah Awal Pengaturan Keuangan

Lakukan langkah-langkah pengaturan keuangan dasar seperti membuat anggaran belanja dan pengeluaran rutin. Dari sini, kamu akan bisa mendapatkan angka penghasilan bersih dalam satu bulan.

Dengan mengetahui berapa penghasilan bersihmu, kamu akan dapat mengetahui berapa banyak uang yang bisa disimpan dan dimanfatkan.

3 dari 4 halaman

Mengetahui Pendapatan Bersih

Jika sudah melakukan langkah paling dasar dari perencanaan keuangan, yakni dengan membuat anggaran dan mencatat pengeluaran, maka selanjutnya kamu bisa mulai membuat rencana pemanfaatan dari uang yang kamu miliki.

Kamu bisa mengetahui berapa persen dari uang tersebut yang perlu ditabung. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk usaha atau investai sebagai penunjang pendapatan bulanan.

4 dari 4 halaman

Menyesuaikan Gaya Hidup

Ilustrasi mengatur keuangan © Diadona

Terakhir, penyesuaian gaya hidup sangat lah penting untuk perencanaan keuangan dengan pendapatan yang pas-pasan. Tinggalkan mentalitas FOMO (fear of missing out) karena nggak semua gaya hidup yang kelihatan populer perlu untuk kamu ikuti.

Sesuaikan gaya hidup dengan kemampuan. Hal ini akan dapat membantu untuk merapikan kondisi finansialmu.

Ingat ya, perencanaan keuangan nggak berhubungan dengan banyak sedikitnya pendapatan. Selama ada uangnya, berarti perlu untuk diatur dan direncanakan penggunaannya dengan baik.

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar