Pengertian Kartu Kredit, Limit, Debit, Beserta Bunganya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 29 Juni 2020 10:08
Pengertian Kartu Kredit, Limit, Debit, Beserta Bunganya
Pengertian kartu kredit adalah alat pembayaran transaksi jual-beli barang dan jasa, yang penggunaannya dapat dilakukan sekaligus atau angsuran.

Bagi beberapa orang, pengertian kartu kredit berbeda-beda, ada yang mengartikan sebagai uang elektronik, hingga alat pembayaran yang berupa kartu dengan penggunaannya dilakukan sekaligus atau angsuran.

Namun, melansir dari laman bi.go.id, pengertian kartu kredit adalah cara pembayaran yang memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran transaksi keuangan.

Sedangkan, menurut peraturan Bank Indonesia nomor 7/52/PBI/2005 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran, pengertian kartu kredit adalah alat pembayaran yang menggunakan kartu untuk transaksi pembelanjaan maupun penarikan tunai.

Nah, supaya kamu lebih memahami pengertian kartu kredit, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Pengertian Limit Kartu Kredit

Pengertian Kartu Kredit © Diadona

Bagi pengguna kartu kredit, tentu istilah limit kartu bukanlah hal yang asing dan cukup familiar didengar di telinga. Namun, bagaimana untuk orang awam dalam memahami istilah tersebut?

Pengertian limit kartu kredit merupakan batas maksimal nominal dari penggunaan kartu kredit yang dipakai untuk melakukan transaksi tiap bulannya.

Selain itu, ominal limit kartu berbeda-beda, tergantung pada jenis kartu dan kebijakan bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut.

Namun biasanya, batas nominalnya adalah Rp 3.000.000 untuk limit terendah, dan untuk limit tertinggi bisa mencapai ratusan juta rupiah yang diterapkan pada kartu tertentu.

2 dari 4 halaman

Pengertian Kartu Kredit dan Kartu Debit

Pengertian Kartu Kredit © Diadona

Ternyata pengertian kartu kredit cukup beragam, untuk itu berikut beberapa pengertian yang dijabarkan oleh para ahli, yang bisa kamu jadikan rujukan.

Salah satunya adalah Munir Fuady, ia mengatakan bahwa pengertian kartu kredit ialah kartu yang bahannya dari plastik, namun terdapat identitas dari pemegang dan penerbit kartu kredit yang digunakan untuk membayar jasa atau barang di tempat tertentu.

Sedangkan, pengertian kartu debit adalah alat pembayaran berbasis kartu elektronik yang diterbitkan oleh pihak bank.

Sehingga dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian kartu kredit dan kartu debit merupakan alat pembayaran yang berupa kartu elektronik untuk membeli suatu barang atau jasa.

3 dari 4 halaman

CVV Kartu Kredit

Pengertian Kartu Kredit © Diadona

Bicara soal penggunaan kartu kredit dalam transaksi online, tentu kamu pernah diarahkan untuk mengetikkan sebuah kode CVV/CVC sebagai verifikasi akhir pada saat transaksi menggunakan kartu kredit. Lalu apa sih CVV kartu kredit itu?

CVV (Card Verification Value) ialah fitur keamanan pembayaran elektronik dan online berupa tiga digit angka yang diterapkan oleh VISA dan Mastercard, yang ada di belakang kartu kredit.

Fungsi CVV/CVC,ialah agar bank penyedia kartu kredit lebih mempercayai transaksi online kamu dalam jumlah nominal yang cukup besar. Namun, kalau tidak menyertakan CVV/CVC kartu kredit, secara otomatis kartu kreditmu diblokir.

4 dari 4 halaman

Bunga dalam Kartu Kredit

Pengertian Kartu Kredit © Diadona

Seperti yang diketahui, bahwa pengertian kartu kredit ialah uang elektronik yang dikeluarkan oleh Bank, untuk melakukan transaksi secara angsuran, dan pembayarannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Sehingga dalam kartu kredit ada yang namanya bunga. Bunga dalam kartu kredit ialah jumlah bunga yang dihitung dari total tagihan apabila tidak membayar penuh.

Namun, jika tagihanmu 1 juta dan pada tanggal jatuh tempo membayar 1 juta, kamu tidak akan dikenakan bunga. Sehingga, pastikan kamu memiliki dana untuk membayar penuh tagihan sebelum tanggal jatuh tempo.

Intinya, pengertian kartu kredit ialah fasilitas kredit yang diberikan oleh bank, sehingga nasabah bisa memiliki kartu kredit tersebut dengan persyaratan tertentu.

Beri Komentar