Pengertian Pajak, Jenis-Jenis dan Fungsinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 8 September 2021 17:00
Pengertian Pajak, Jenis-Jenis dan Fungsinya
Pajak adalah penerimaan terbesar dalams uatu negara. Tanp apajak,negara nggak akan bisa membiayai berbagai fasilitas umum muai dari kesehatan hingga pendidikan

Pajak adalah pungutan wajib yang dikenakan kepada individu dan perusahaan untuk negara. Pajak merupakan sumber pendapatan terbesar suatu negara dan digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan pemerintah termasuk pekerjaan dan layanan umum. Pajak dipungut di hampir setiap negara di dunia.

Laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementrian Keuangan, pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi dan badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang.

Karakteristik pajak diantaranya:

  • Kontribusi wajib kepada negara
  • Nggak ada imbalan langsung
  • Bersifat memaksa
  • Diatur dalam undang-undang

Dalam perekonomian modern, pajak merupakan sumber terpenting dari pendapatan pemerintah. Dikutip dari Britannica, pajak adalah pungutan wajib dan berbeda dengan sumber pendapatan lain karena nggak bisa ditukar dengan beberapa hal tertentu. Jadi ketika seorang wajib pajak membayar pajak, maka dia nggak memeroleh layanan atau manfaat khusus. 

Buat tahu lebih jauh mengenai manfaat dan jenis pajak, yuk simak ulasan Diadona berikut.

1 dari 4 halaman

Jenis Pajak

Pajak adalah © Diadona

Pajak memiliki beberapa jenis, namun yang paling umum antara lain :

Pajak Penghasilan

Adalah pajak yang dikenakan kepada seorang, badan atau perusahaan atas penghasilan yang didapat, biasa disebut dnegan Pajak Penghasilan Pasal 25 atau PPh 25.

Pajak Penjualan

Pajak yang dikenaka atas barang dan jasa tertentu

Pajak Properti

Pajak berdasarkan nilai aset tanah dan properti

Pajak Impor

Pajak atas barang impor. Tujuan pembelakuan pajak adalah untuk memperkuan bisnis dalam negeri

Sistem pajak sangat bervariasi di antara negara-negara, dan penting bagi individu dan perusahaan untuk mempelajari dengan cermat undang-undang pajak lokal baru sebelum mendapatkan penghasilan atau melakukan bisnis di sana.

2 dari 4 halaman

Jenis Pajak Berdasarkan Sifatnya

Pajak adalah © Diadona

Pajak Tidak Langsung

Pajak tidak langsung dipungut atas produksi atau konsumsi barang dan jasa atau atas transaksi, termasuk impor dan ekspor. Contohnya adalah pajak penjualan, pajak pertambahan nilai dan lainnya.

Pajak Langsung

Pajak ini dikenakan kepada wajib pajak secara berkala dan biasanya didasarkan pada kemmapuan wajib pajak yang diukur dari pendapat atau kekayaan bersih yang dimiliki. Contoh pajak adalah pajak penghasilan.

3 dari 4 halaman

Pajak Berdasarkan Pemungutnya

Sedangkan berdasarkan siapa yang memungut pajak, jenis pajak adalah:

Pajak Negara

Sepertti namanya, ini adalah pajak yang dipungut oleh negara atau pemerintah pusat seperti PPN, PPh, dan PPnBM.

Pajak Daerah

Pajak daerah merupakan pajak yang pungutannya dioakukan oleh daerah, meliputi pajak restoran, kendaraan bermotor dan PBB. Bagi daerah, pajak ini adalah salah satu sumber penerimaan daerah selain dana dari pemerintah pusat.

4 dari 4 halaman

Pajak adalah © Diadona

Dalam suatu negara, pajak punya empat peran penting antara lain:

Fungsi Anggaran

Pajak adalah sumber pendapatan terbesar negara dan kemudian digunakan untuk membiayai pengeluaran negara, pembangunan negara hingga menjalankan tuags rutin negara.

Fungsi Regulasi

Melalu fungsi ini, pajak digunakan untuk mencapai tujuan ekonomi. Contohnya nih bila negara ingin menggenjot penananaman modal dalam negeri, negara baklan ngasih fasilitas keringana pajak. Begitu pula pajak bea masuk yang tinggi dilakukan untuk memberi perlindungan pada bisnis dalam negeri.

Fungsi Pemerataan

Pajak dapat digunakan untuk menyesuaikan dan menyeimbangkan antara pembagian pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Salahs atu contohnya nih keberadaan pajak progresif, yakni pajak lebih tinggi kepada mereka yang berpenghasilan lebih tinggi dibandingkan masyarakat yang berpenghasilan rendah. Selanjutnya, pajak tersebut digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana fasilitas umum,

Fungsi Stabilitas

Pajak bisa digunakan oleh pemrintah buat mengatasi inflasi, deflasi dan lainnya. Sehingga, salah satu fungsi pajak adalah untuk menjaga stabilitas ekonomis uatu negara.

Pajak adalah komponen penting dalam keuangan negara sebagai pembiayaan proyek sosial. Tanpa pajak, peran pemerintah dalam sektor kesehatan, pendidikan dan layanan umum lainnya mustahil dilakukan

Beri Komentar