Pola Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga Diberbagai Negara yang Harus Kamu Tahu, Bisa Dicontoh nih!

Reporter : Mila
Kamis, 15 Oktober 2020 16:57
Pola Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga Diberbagai Negara yang Harus Kamu Tahu, Bisa Dicontoh nih!
Ayo, buibu merapat!

Menerapkan pola hidup hemat/irit sebenarnya adalah skill wajib untuk semua orang, khususnya para ibu rumah tangga agar semua kebutuhan pokok tercukupi. Tapi hal tersebut tentu saja gak segampang kelihatannya, bakal selalu ada masalah yang membuat hidup hemat menjadi tantangan tersendiri.

Nah, di artikel ini tim DIADONA.ID membantu kamu untuk memahami bagaimana cara hidup hemat dengan memberikan contoh sudut pandang dari para ibu rumah tangga di seluruh dunia. Langsung aja yuk simak!

1 dari 2 halaman

Pola Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga Asia

Jepang

Di Jepang, biasanya ibu rumah tangga bakal selalu menyimpan setiap bon belanja. Tujuannya untuk memastikan harga barang yang dibeli gak salah dan untuk membandingkan harga setiap item antara toko yang satu dengan toko yang lainnya. Jadi gak heran ya kalau banyak ibu rumah tangga di Jepang membeli barang ke beberapa supermarket. Demi hemat bund!

Pola Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga Diberbagai Negara © Diadona

China
Secara tradisi ibu-ibu dari Tiongkok bakal menerapkan pola hidup hemat dengan cara gak terlalu memperdulikan gengsi akan merk. Selama barang tersebut masih punya manfaat dan kualitas yang serupa, mereka pasti membelinya. Hayoo yang punya gengsi tinggi bisa banget nih belajar dari ibu-ibu Tiongkok~

India
India terkenal dengan berbagai perayaan yang memang membutuhkan biaya tinggi, seperti Dilwali, pesta pernikahan, dan hari-hari keagamaan. Nah disini pentingnya tugas ibu rumah tangga di India untuk menghitung secara rinci setiap kebutuhan acara. Ibu rumah tangga di India harus pintar-pintar menekan pengeluaran dengan mendetailkan apa-apa saja yang dibutuhkan, di mana bisa membelinya dengan harga yang paling cocok, dan melakukan penawaran sesadis mungkin hehe.

2 dari 2 halaman

Pola Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga Eropa

Sebagai negara-negara maju, jelas pola pikir ibu rumah tangga di Eropa pun agak berbeda dengan di Asia. Tapi sekadar untuk membandingkan kamu bisa juga menyimak nih.

Pola Hidup Hemat Ibu Rumah Tangga Diberbagai Negara © Diadona

Italia
Di sini, seorang ibu rumah tangga punya hak 100% untuk mengatur keuangan seorang suami. Ada 3 kebutuhan pokok penting yang harus menjadi tanggung jawab ibu-ibu di Italia, yaitu sandang, pangan, dan papan.

Untuk urusan pakaian, biasanya mereka menjahit sendiri pakaian yang robek, kancing terputus, ataupun mencuci sendiri pakaian yang kotor.

Untuk urusan makanan, biasanya mereka memasak sendiri dengan bumbu dan bahan-bahan seadanya. Biar hemat, mereka menyetok banyak bahan makanan yang awet untuk disimpan lama.

Dan untuk urusan tempat tinggal, biasanya akan sangat ketat dalam urusan penggunaan listrik, air bersih, dan sewa rumah.

Inggris
Pada dasarnya pola hidup hemat ibu rumah tangga di Inggris sang ketat. Pola hidup hemat tersebut meliputi mengerjakan seluruh pekerjaan rumah sendiri, mencari pekerjaan sampingan, dan mulai berinvestasi.

Yap, ibu rumah tangga di Inggris dituntut untuk tahu bahwa hidup hemat bukan sakadar soal menyimpan uang, namun juga meningkatkan pendapatan. Oleh karena itu, gak heran banyak investasi di Inggris yang menyasar ibu-ibu rumah tangga. 

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Beri Komentar