Cara Cermat Siasati Keuangan dari Penghasilan Tidak Tetap, Patut Dicoba!

Reporter : Mila
Kamis, 8 Oktober 2020 07:57
Cara Cermat Siasati Keuangan dari Penghasilan Tidak Tetap, Patut Dicoba!
Untuk kamu yang seorang wirausahawan, freelancer, pebisnis online, atau pedagang kaki lima, yuk merapat!

Mengelola uang bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Orang-orang yang punya pengehasilan tetap aja kadang masih kesusahan untuk melakukannya, apalagi kalau kamu gak punya penghasilan tetap.

Tapi tahu gak sih, mengelola uang itu gak tergantung sama jumlah pendapatan tetap yang diperoleh. Jadi orang-orang yang gak punya penghasilan tetap pun juga bisa kok menerapkan cara tersendiri untuk mencapai kestabilan finansial.

Terus apa aja sih contoh profesi yang gak punya penghasilan tetap? Ada banyak, mulai dari wirausahawan, freelancer, pebisnis online, hingga pedagang kaki lima (PKL).

Nah daripada bingung mending langsung aja yuk simak hal-hal apa aja yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keungan dengan penghasilan yang gak tetap!

1 dari 4 halaman

Punya Lebih dari Satu Rekening Tabungan

Untuk kamu yang penghasilannya gak tetap sebaiknya memiliki paling gak dua rekening tabungan. Untuk apa? Rekening pertama untuk menyiapkan kebutuhan pribadi ataupun keluarga. Sedangkan rekening kedua untuk menyimpan uang tabungan.

Mengatur Keuangan dengan Penghasilan Tidak Tetap © Diadona

Dengan begini kamu gak akan mudah tergoda menggunakan uang secara boros. Pendapatan yang baru kamu terima ke rekening harus langsung dipisahkan. Jangan lupa ya!

2 dari 4 halaman

Jangan Takut Investasi

Gak ada kata terlalu cepat atau terlalu lambat untuk mulai berinvestasi. Kamu bisa memulainya dengan modal ratusan ribu rupiah saja untuk reksadana atau tabungan emas. Tapi kalau kamu punya dana yang lebih besar, kamu bisa mengalokasikannya untuk membeli logam mulia atau objek properti.

Mengatur Keuangan dengan Penghasilan Tidak Tetap © Diadona

Dengan berinvestasi akan membuat uangmu berlipat ganda, sehingga nilai uang kamu gak akan berkurang karena pengaruh inflasi. Enak kan?

3 dari 4 halaman

Siapkan Dana Darurat

Punya dana darurat juga penting lho untuk kamu yang gak punya penghasilan tetap. Karena kamu gak pernah tahu kan kapan penghasilanmu akan berkurang drastis? Contohnya pada saat pandemi seperti saat ini.

Mengatur Keuangan dengan Penghasilan Tidak Tetap © Diadona

Jadi, usahakan untuk menyiapkan dana darurat sebanyak mungkin. Apalagi kalau kamu sudah berkeluarga sendiri. Jangan sampai kebutuhan hidup keluargamu terganggu karena kamu kurang mahir mengelola keuangan.

4 dari 4 halaman

Tahan Hasrat Konsumtif

Gak bisa dipungkiri, gaya hidup konsumtif sering membuat orang mengalami masalah finansial yang berujung kebangkrutan. Oleh karena itu kamu harus konsisten menahan keinginan untuk konsumtif.

Mengatur Keuangan dengan Penghasilan Tidak Tetap © Diadona

Inget ya, jangan membeli sesuatu berdasarkan keinginan semata. Selain itu usahakan juga menghindari pembelian barang secara kredit, karena bunga kredit yang besar berisiko membebani kondisi finansialmu.

Semoga cara-cara di atas bisa kamu terapkan ya dan ampuh untuk mengatur keuanganmu. Good luck!

Beri Komentar