THR Cair, Ini 5 Tips Jitu Hindari Godaan Diskon di Momen Hari Raya

Moneytalk | Selasa, 4 Mei 2021 18:40
THR Cair, Ini 5 Tips Jitu Hindari Godaan Diskon di Momen Hari Raya

Reporter : Firstyo M.d.

Jangan terburu-buru membelanjakan uang gara-gara diskon. Pertimbangkan dulu beberapa hal berikut.

Gimana para pekerja kantoran, sudah menerima tunjangan hari raya (THR)? Hasrat untuk berbelanja tentu sangat menggebu-gebu, terlebih dengan keberadaan diskon yang menggiurkan.

Eits, jangan keburu ringan mengeluarkan uang. Kita tetap perlu membuat perencanaan dan melakukan beberapa trik agar tak mudah digoda diskon jelan momen hari raya. Salah-salah, THR bisa amblas dan berujung penyesalan.

Agar dapat menghindari godaan diskon, berikut ini telah Diadona susun beberapa tips yang bisa Diazens lakukan. Simak ulasannya yuk!

2 dari 6 halaman

1. Susun skala prioritas

 Ilustrasi belanjaIlustrasi belanja © Liputan6.com

Langkah paling awal sebelum membelanjakan THR adalah dengan menyusun daftar prioritas. Buat rencana anggaran yang berisi pos-pos alokasi dari uang yang kita miliki. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan kebocoran pengeluaran.

3 dari 6 halaman

2. Cek isi lemari

Pembelian barang sandang biasanya jadi godaan utama untuk membelanjakan uang THR. Mulai dari baju, celana, sampai sepatu baru. Terlebih barang-barang tersebut nantinya bisa dikenakan saat merayakan hari raya.

Meski begitu, cobalah untuk mengecek kembali barang-barang yang kamu miliki di dalam lemari. Perhatikan betul-betul, apakah perlu untuk menambah baju, celana, atau sepatu baru? Jika tak terlalu dibutuhkan, uang THR bisa dialokasikan untuk barang diskonan lain yang lebih mendesak untuk dibeli.

4 dari 6 halaman

3. Hitung diskon dengan teliti

 Ilustrasi diskonIlustrasi diskon © Liputan6.com/Fery Pradolo

Label diskon pada sebuah barang sudah pasti menggoda untuk dibeli. Jangan keburu kalap, sebab beberapa pusat perbelanjaan kerap menggunakan strategi untuk memainkan logika pembeli.

Skema diskon yang cukup umum adalah sebuah barang dikenai diskon 25 persen + 25 persen. Aturan ini berbeda dengan barang yang langsung didiskon 50 persen.

Contoh, sebuah dress dihargai Rp 100.000 jika didiskon 50 persen berarti perhitungannya Rp 100.000 x 50 persen = Rp 50.000. Setelah dikurangi diskon, berarti harga kaos adalah Rp 50.000 (Rp 100.000-Rp 50.000).

Jumlah tersebut berbeda jika menggunakan skema diskon 25 persen + 25 persen. Jika dress dengan harga yang sama menggunakan diskon ini, berarti Rp 100.000 x 25 persen = Rp 25.000. Setelah dikurangi diskon menjadi Rp 100.000 – Rp 25.000 = Rp 75.000. Kemudian mendapatkan tambahan diskon lagi sebesar 25 persen menjadi Rp 75.000 x 25 persen = Rp 18.750. Maka, harga dress tersebut menjadi Rp 75.000 – Rp 18.750 = Rp 56.250.

5 dari 6 halaman

4. Bandingkan dengan beberapa toko

Jika sudah tahu barang apa yang hendak kamu beli, cobalah untuk sedikit sabar dengan membandingkan harga barang tersebut dari beberapa toko. Barang yang sama bisa saja memiliki harga yang berbeda, tergantung dengan penjualnya, termasuk kemungkinan adanya penawaran menggiurkan dari satu toko yang tak dimiliki toko lain.

6 dari 6 halaman

5. Batasi window shopping

 Ilustrasi window shoppingIlustrasi window shopping © iStockPhoto

Di musim pandemi seperti ini, membeli barang melalui e-commerce jelas menjadi pilihan terbaik untuk membelanjakan uang THR. Meski demikian, ada satu hal yang bisa memancing penggunaan uang berlebih, yakni melakukan window shopping.

Window shopping alias kegiatan melihat-lihat barang di aplikasi belanja daring dapat membuat kita luluh untuk akhirnya membeli barang yang sebenarnya tak kita butuhkan. Ingat, opsi bayar cuma berjarak seujung jari, jangan sampai menyesal waktu barang sudah terbeli!

Join Diadona.id