Titi Karir Sejak Muda, Raditya Dika Beberkan Tips untuk Bisa Pensiun Sebelum Umur 40 Tahun

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 19 Juni 2020 17:40
Titi Karir Sejak Muda, Raditya Dika Beberkan Tips untuk Bisa Pensiun Sebelum Umur 40 Tahun
Bisa ditiru nih!

Raditya Dika adalah seorang penulis, sutradara, aktor, content creator, dan standup comedian. Erat dengan dunia komedi dan terlihat main-main di depan layar, nyatanya Radit mempunyai rencana yang sangat tertata terkait keuangannya lho. Topik keuangan juga beberapa kali telah menjadi konten untuk video Youtubenya.

Salah satunya adalah ketika Radit membagikan tips untuk pensiun sebelum umur 40 tahun berdasarkan langkah-langkah yang dia jalani.

Ia mengisahkan bahwa perjalanan finansialnya berawal dari tahun 2005 saat pertama kali mendapatkan royalti dari buku perdananya, Kambing Jantan. Ditambah dengan omongan banyak orang bahwa hidup sebagai seniman akan sulit di masa depan, ia kemudian bertekad untuk merencanakan keuangannya sematang mungkin.

Gimana sih tips pensiun saat atau bahkan sebelum umur 40? Yuk disimak.

1 dari 6 halaman

Ketahui tujuan

Langkah yang pertama adalah menentukan tujuan menyiapkan dana pensiun.

" Sebelum umur 40 tahun gua bisa tidak menggantungkan diri pada pekerjaan," ujar Radit.

Radit mengatakan bahwa setelah melewati usia tersebut, dia sudah bisa dihidupi aset yang sudah ada. Jadi, tujuan Raditya Dika adalah agar bisa punya kebebasan finansial untuk nggak kerja lagi.

2 dari 6 halaman

Caranya gimana?

Raditya Dika juga membeberkan bagaimana cara menghitung berapa uang yang diperlukan untuk bisa pensiun sebelum 40 tahun.

Menurut penjelasan Radit, jumlah uang yang dibutuhkan di akun investasi berbeda-beda setiap orang berdasarkan banyak kebutuhan per tahun dibagi 4%.

Contoh, jika dalam sebulan 10.000.000, satu tahun 120.000.000, maka uang di akun investasi harus sebanyak 3 milyar.

Ilustrasi pensiun Raditya Dika © Diadona

3 dari 6 halaman

Ilustrasi di usia 40 tahun

Jika semua rencana di atas sudah berhasil sesuai rencana, kehidupan setelah memasuki masa pensiun akan mengandalkan return atau pendapatan dari hasil investasi.

Tentu pendapatan tersebut nggak diambil semua, melainkan diambil sebagian sesuai perhitungan kebutuhan dalam satu tahun seperti di poin sebelumnya.

4 dari 6 halaman

Gimana cara mencapai angka seperti itu?

Sampai di pertanyaan utama, bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan angka seperti dalam skema?

Raditya Dika menjelaskan bahwa ia sejak awal menggunakan investasi reksadana saham. Ia juga menyarankan orang-orang dekat, termasuk istrinya Anisa Aziza, untuk menggunakan cara ini.

Radit mengatakan bahwa investasi reksadana saham ini sangat cocok untuk rencana jangka panjang. Persentasenya akan mengalami naik turun setiap tahun, bahkan bisa saja mengalami minus. Namun, pada akhirnya angkanya tetap akan lebih tinggi secara rata-rata.

Ilustrasi naik turun persen reksadana saham Raditya Dika © Diadona

Investasi reksadana saham juga mempunya sistem uang yang selalu bergulung setiap tahunnya. Misal, jika menabung 100 juta dalam setahu, dengan return 18% makan tahun selanjutnya uang akan menjadi 118 juta.

Lalu di tahun selanjutnya lagi, perhitungan 18% akan diambil berdasarkan jumlah terakhir yakni 118 juta, bukan 100 juta yang awal. Dalam dunia finansial, hal ini disebut compound interest.

Ilustrasi compound interest © Diadona

5 dari 6 halaman

Berapa angka yang harus disisihkan?

Dengan asumsi kita mulai menyiapkan dana pensiun sejak usia 25 tahun, makan masih ada waktu 15 tahun untuk mulai menyiapkan dana pensiun.

Selengkapnya dijelaskan dalam ilustrasi berikut.

Ilustrasi detil angka yang harus ditabung © Diadona

Dengan menyisihkan 6.300.000 dalam sebulan ditambahkan dengan 15% interest, maka di awal tahun ke 15 kita akan bisa mendapatkan jumlah 3 milyar, sesuai dengan rencana di ilustrasi awal.

Ilustrasi perhitungan detil © Diadona

6 dari 6 halaman

Gimana, apakah cukup tercerahkan?

Kalau dirasa terlalu besar, tentu jumlah nominalnya sangat bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Intinya, untuk menyiapkan dana pensiun sebelum usia 40 tahun seperti yang dilakukan Raditya Dika, kita harus mulai untuk berinvestasi. Tentu dengan dibarengi mencari tahu info lebih lanjut tentang investasi yang akan diambil ya.

Yuk mulai siapkan dana pensiun sejak dini biar masa tua bisa lebih tenang!

Beri Komentar