Trik Jitu Membelanjakan Uang Tanpa Rasa Bersalah

Moneytalk | Rabu, 20 Januari 2021 06:57
Trik Jitu Membelanjakan Uang Tanpa Rasa Bersalah

Reporter : Mila Ismiranda

Jangan sampai salah dan malah menyesal nantinya!

Belanja dan membeli sesuatu jelas menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari manusia. Tentunya belanja ini membutuhkan yang namanya uang. Tapi sering kali habis belanja kita malah menyesal karena merasa uang yang kita gunakan terbuang sia-sia.

Terus gimana sih cara membelanjakan uang tanpa ada rasa bersalah? Nah, CEO sekaligus Principal Consultant ZAP Finance, Pritha Ghozie, membagikan tips-tipsnya. Langsung aja simak yuk selengkapnya di bawah!

2 dari 4 halaman

Kebutuhan vs Keinginan

Melansir TikTok Prita Ghozie hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bertanya pada diri sendiri. Tanyakan apakah pembelian itu merupakan kebutuhan atau sekadar keinginan belaka?

Kalau hanya karena 'ingin' aja, mending tunda dulu deh. Masih banyak lho kebutuhan yang lebih mendesak!

3 dari 4 halaman

Beli karena Gengsi?

Sebagai manusia, wajar jika memiliki gengsi. Tapi tak sepantasnya gengsi ini kamu jadikan alasan untuk membelanjakan uangmu untuk hal-hal yang kurang penting.

" Jangan sampai we spent money that we dont have to buy things that we dont need to impressed people that we dont care," pesan Prita.

4 dari 4 halaman

Financing Happiness

Tanyakan pada diri sendiri apakah kamu financing happiness. Karena kamu bisa saja bangkrut kalau hidup di luar batas kemampuanmu. Padahal yang namanya kebahagiaan bisa didapat dari mana saja, gak melulu uang.

Terus kapan bisa membelanjakan atau membeli barang yang diinginkan?

1. Saat kamu sudah mengecak kondisi keuangan dan dinyatakan sehat.

2. Saat kamu sudah punya uang dan gak perlu berhutang.

3. Saat kamu bisa mindful atas semua pembelanjaan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Join Diadona.id