10 Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi serta Bantu Perkembangan Janin

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 23 Maret 2021 09:05
10 Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi serta Bantu Perkembangan Janin
Manfaat kacang mete ternyata bagus untuk pembentukan tulang janin lho, Moms.

Di masa kehamilan, tentunya ada batasan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan. Sebab, tidak semua makanan dianggap aman bagi janin yang ada di dalam kandungan.

Namun, lain halnya dengan kacang mente. Sebab, manfaat kacang mete untuk ibu hamil bisa memberi semua nutrisi penting selama kehamilan. Asalkan, Moms tidak alergi terhadap jenis kacang tersebut.

Lantas, apa saja manfaat kacang mete untuk ibu hamil? Yuk, simak ulasannya berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Mete untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Mete © Diadona

Sebelum membahas mengenai manfaat kacang mete, sebaiknya kita ulas sedikit apa itu kacang mete. Kacang mete adalah biji jambu monyet yang kerap dijadikan berbagai menu makanan. Sebelum dikonsumsi, biasanya biji jambu mete ini dipanggang terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa khasiat kacang mete yang dapat Moms peroleh selama masa kehamilan.

1. Sumber Protein dan Lemak Baik

Manfaat kacang mete untuk ibu hamil yang paling dasar adalah sebagai sumber protein dan lemak baik. Pasalnya, kacang merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3 dan 6, yang sangat baik untuk ibu hamil.

Sehingga, segenggam kacang mete bisa memberikan protein yang sangat dibutuhkan Moms selama masa kehamilan maupun janin untuk membangun sel-sel baru.

Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, hindari menggoreng kacang mete sebab kandungan baiknya akan terganti dengan komposisi lemak jahat dari minyak.

2. Sumber Zat Besi

Saat hamil, Moms akan sangat berisiko terkena anemia akibat kekurangan zat besi. Hal ini dikarenakan, seluruh cadangan zat besi di dalam tubuhnya habis digunakan untuk membentuk hemoglobin.

Hemoglobin sendiri berperan dalam mengedarkan oksigen ke sel-sel tubuh ibu dan janin. Sehingga, apabila tidak diimbangi dengan asupan zat besi yang cukup, maka asupan oksigen ke janin akan terganggu.

Maka dari itu, manfaat kacang mete untuk ibu hamil yang nggak kalah penting yaitu sebagai salah satu makanan yang bisa memberikan kebutuhan zat besi.

2 dari 4 halaman

3. Kandungan Antioksidan yang Melimpah

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Selain protein, asam lemak, serta zat besi, kandungan antioksidan yang melimpah merupakan salah satu manfaat kacang mete untuk ibu hamil selanjutnya. Ya, antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas.

Seperti diketahui, radikal bebas tidak hanya berbahaya untuk kesehatan sang ibu, akan tetapi juga mengancam tumbuh kembang janin. Nah, salah satu kondisi yang terjadi akibat radikal bebas ialah preeklampsia dan eklampsia. Ini merupakan kondisi di mana tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang bisa mengakibatkan kejang hingga mengancam nyawa sang ibu maupun janin.

4. Menurunkan Risiko Alergi pada Bayi

Selain itu, manfaat kacang mete untuk ibu hamil berikutnya ialah dapat menurunkan risiko alergi pada bayi.

Sebuah penelitian tahun 2015 menyebutkan bahwa konsumsi kacang, gandum, dan susu saat hamil bisa menurunkan risiko alergi serta asma pada janin. Salah satu jenis kacang yang dimaksud adalah kacang mete.

Jadi, jika orangtua punya riwayat alergi dan ingin mengurangi risikonya pada anak, maka tak ada salahnya Moms rutin mengonsumsi kacang mete sejak masa kehamilan.

5. Kaya Serat

Umumnya pada masa kehamilan, Moms sering kali mengalami masalah sistem pencernaan, khususnya sembelit. Sehingga, untuk menghindari dan mengatasi kondisi tersebut ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi kacang mete.

Hal ini disebabkan kandungan serat kacang mete yang sangat tinggi ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Oleh karena itu, manfaat kacang mete yang satu ini jangan sampai terlewatkan ya, Moms.

3 dari 4 halaman

6. Sumber Mangan dan Magnesium

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Manfaat kacang mete untuk ibu hamil selanjutnya yakni dapat membuat anak nantinya memiliki rambut yang indah nan sehat. Hal ini berkaitan dengan kandungan mangan serta magnesium yang merupakan salah satu jenis mineral yang dapat ditemukan di dalam kacang tersebut.

Nah, kedua kandungan mineral ini dipercaya mampu membantu tubuh untuk melakukan proses pembentukan sel serta jaringan janin dalam kandungan.

7. Menguatkan Struktur Tulang

Mungkin tak banyak yang tahu, kalau kacang mete memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu mempromosikan struktur tulang agar kuat dalam tubuh. Rupanya, kandungan magnesium dalam kacang mete ditemukan sekitar 82,5 mg/ons lho, guys.

Magnesium serta kalsium dari kacang mete ini ternyata berfungsi membantu mendukung otot dan struktur tulang. Bahkan, kacang mete juga mengandung tembaga. Di mana tembaga sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses penggantian jaringan ikat dan serta kolagen yang rusak. Sehingga, manfaat kacang mete yang satu ini berperan penting dalam proses pembentukan tulang.

8. Kaya akan Kalium

Ohiya, manfaat kacang mete untuk ibu hamil ternyata juga baik untuk darah. Yaps, seperti diketahui kacang mete memiliki kandungan kalium dalam jumlah yang cukup melimpah.

Kandungan kalium inilah sangat dibutuhkan oleh ibu hamil supaya darah bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, kandungan kalium pada kacang mete juga mampu mengatasi proses pembekuan darah, sehingga hal ini bisa mengatasi pemberhentian pendarahan saat seorang ibu hamil mengalami luka.

4 dari 4 halaman

9. Bantu Perkembangan Janin

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Seperti yang diketahui, kacang mete merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Sebab, dalam 100 gram kacang mete memiliki kandungan kalsium sebanyak 45 mg. Sehingga, dengan mengonsumsi kacang mete secara rutin hal ini bisa membangkitkan energi serta membantu perkembangan janin.

Tak cukup di situ saja, kandungan hemoglobin pada kacang mete juga berperan penting menyebarkan oksigen ke sel-sel tubuh ibu serta janin. Jadi, manfaat kacang mete untuk ibu hamil bisa menjadi salah satu sumber makanan yang menyediakan kebutuhan zat besi.

10. Menurunkan Risiko Anemia

Anemia merupakan penyakit yang sering dialami oleh ibu hamil. Umumnya, ibu hamil yang menderita anemia akan mengalami gejala wajah pucat serta badan terasa lemas. Nah, salah satu cara paling mudah mengatasi anemia yaitu mengonsumsi kacang mete.

Manfaat kacang mete yang satu ini dipercaya dapat menurunkan risiko anemia karena kacang tersebut mengancung zat besi yang mampu meningkatkan kinerja tubuh dalam memproduksi sel darah merah.

Meski manfaat kacang mete untuk ibu hamil sangat luar biasa, namun Moms tetap mengonsumsi dalam jumlah wajar ya. Sebab, kehamilan merupakan salah satu kesempatan paling membahagiakan bagi Moms dan Dads.

Beri Komentar