10 Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa, Moms Wajib Tahu!

Pregnancy | Sabtu, 20 Maret 2021 11:46

Reporter : Novi Hardita Larasati

Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil adalah turunkan risiko cacat lahir.

Momen kehamilan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu bagi pasangan suami istri, apalagi kalau anak pertama. Oleh karena itu, Moms harus menjaga kesehatan, salah satunya adalah mengkonsumsi kurma.

Yaps, manfaat kurma untuk ibu hamil ini memiliki dampak positif yang cukup banyak. Apalagi pada ekstrak kurma atau biasa disebut dengan sari kurma. Sebab, nutrisi yang terkandung dalam sari kurma seperti magnesium, asam folat, zat besi, vitamin A, B6, dan vitamin K ini berguna bagi janin hingga ibu yang sudah menyusui.

Lantas, apa saja sih manfaat kurma untuk ibu hamil? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

10 Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa, Moms Wajib Tahu!
2 dari 5 halaman

Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

Manfaat Kurma untuk Ibu HamilManfaat Kurma untuk Ibu Hamil © shutterstock.com/Boontoom Sae-Kor

Sebelum membicarakan mengenai manfaat kurma terutama pada sari kurmanya, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu buah kurma. Buah kurma merupakan buah yang dipercaya berasal dari Teluk Persia yang memiliki banyak kandungan. Seperti fosfor, selenium, magnesium, zinc, dan mangan.

Maka dari itu, beriku beberapa manfaat sari kurma untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

1. Membantu Proses Persalinan

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu proses persalinan. Hal ini disebabkan sari kurma mampu merangsang hormon oksitosin pada ibu hamil. Hormon oksitosin sendiri memiliki fungsi untuk memperkuat kontraksi otot rahim saat proses persalinan.

2. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat kurma untuk ibu hamil terutama pada ekstraknya, ternyata juga mampu meningkatkan produksi sel darah merah, lho. Hal ini juga berguna bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Produksi sel darah merah ini mampu diproduksi sebab dalam kandungan sari kurma terdapat zat tembaga. Nah, apabila terjadi kerusakan pada sel darah merah dalam jumlah yang besar, tentu saja hal ini bisa menyebabkan kekurangan darah bagi ibu hamil. Bahkan, berakibat pada ibu hamil yang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah.

3 dari 5 halaman

3. Mengatasi Sembelit

Penyebab SembelitPenyebab Sembelit © 2020 shutterstock.com/christinarosepix

Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil yang paling utama yaitu mengatasi sembelit. Seperti diketahui, selama kehamilan, Moms seringkali dihadapkan dengan gangguan pencernaan.

Namun, dengan mengkonsumsi sari kurma, kandungan serat yang ada di dalamnya bisa membantu melancarkan BAB. Caranya, Moms cukup minum 2 sendok makan sari kurma saja. Gampang, kan?

4. Mencegah Infeksi

Selain mengatasi sembelit, manfaat kurma untuk ibu hamil juga dapat mencegah terjadinya infeksi karena bakteri, virus, dan patogen lainnya lho, Moms.

Hal ini karena kandungan zat antioksidan yang dikenal dengan sebutan tanin dipercaya sebagai anti-infeksi, anti-hemoragik, serta anti-inflamasi. Oleh karena itu, penting sekai bagi ibu hamil mengonsumsi sari kurma guna menjaga daya tahan tubuh selama masa kehamilannya.

5. Sumber Protein Janin

Manfaat kurma untuk ibu hamil ini ternyata juga menjadi sumber protein bagi janin. Terutama pada ekstrak kurmanya. Sebab, kandungan protein yang tinggi dalam sari kurma ini akan mudah dicerna oleh ibu hamil serta janin.

Bahkan, sari kurma juga memiliki sumber vitamin esensial guna mendukung pertumbuhan janin di dalam perut ibu hamil.

4 dari 5 halaman

6. Menguatkan Tulang Ibu Hamil dan Janin

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © 2020 https://freepik.com/

Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil yang tak boleh terlewatkan yaitu menguatkan tulang sang ibu dan janin. Sebab, buah kurma mengandung selenium, tembaga, mangan, serta magnesium yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan tulang yang kuat dan sehat.

Oleh karena itu, supaya tidak lemah saat kehamilan, Moms bisa mengonsumsi sari kurma setiap hari karena selama kehamilan kalsium dan mineral Moms nantinya dibagi ke janin untuk mendukung pertumbuhannya.

7. Sumber Energi

Siapa sangka kalau manfaat kurma untuk ibu hamil ini juga mampu memberikan banyak sumber energi baik. Pasalnya, kandungan karbohidrat dan gula alami di dalam sari kurma seperti glukosa, fruktosa, serta sukrosa inilah sumbernya. Dengan begitu, sari kurma tersebut bisa menjadi camilan sehat untuk Moms karena bisa dikonsumsi setiap hari.

8. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Manfaat kurma untuk ibu hamil ternyata juga dapat membantu menurunkan risiko cacat lahir bagi sang janin, lho! Hal ini karena kandungan asam folat di dalam sari kurma. Selain itu, asam folat ini pun menjadi salah satu nutrisi penting bagi perkembangan saraf pusat bagi Moms terutama saat ibu sudah menyusui.

5 dari 5 halaman

9. Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Darah

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © https://www.shutterstock.com/g/Natalia+Deriabina

Kalau di atas telah di sebutkan bahwa manfaat kurma untuk ibu hamil dapat meningkatkan produksi sel darah merah, ternyata khasiat kurma juga juga bisa meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Sehingga, dengan kadar oksigen yang cukup dalam darah, tentu sangat penting menjaga kesehatan si janin. Pasalnya, kandungan zat besi dalam kurma inilah yang mampu memantik peningkatan kadar oksigen dalam darah.

10. Meningkatkan Berat Badan

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang terakhir yaitu dapat meningkatkan berat badan. Sebab, kalau berat badan Moms seimbang dengan keberadaan janin, maka hal itu bisa menjadi pertanda bahwa bayi yang ada dalam kandunganmu juga memiliki berat badan yang seimbang.

Lalu, apa hubungannya sari kurma bisa membuat berat badan ibu hamil meningkat? Jadi, hal ini dikarenakan kandungan andungan gula alami dalam sari kurma yang cukup tinggi, yakni dalam satu kilogram kurma, hampir ada 3.000 kalori.

Wah, ternyata manfaat kurma untuk ibu hamil cukup beragam ya Moms. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk mempersiapkan proses persalinan.

Join Diadona.id