13 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Pembentukan Otak Hingga Cegah Cacat Lahir

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 4 Januari 2021 16:39
13 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Pembentukan Otak Hingga Cegah Cacat Lahir
Manfaat buah naga untuk ibu hamil emang banyak banget. Selain itu, buah ini belum dilaporkan punya efek samping yang berbahaya untuk ibu dan janinnya

Manfaat buah naga untuk ibu hamil emang luar biasa. Nggak cuman untuk mengganjal perut ibu hamil yang sering laper, tapi juga memberikan nutrisi yang sehat untuk ibu hamil dan juga untuk pertumbuhan janin.

Buah naga biasanya dikonsumsi biasa seperti halnya dengan buah yang lainnya. Bisa diolah menjaid jus, smoothies, campuran salad atau olahan lain. Masukin buah naga sebagai salah satu daftar makanan kamu bisa mendukung kesehatan iby dan janin dan bisa dibilang merupakan buah yang paling aman dikonsumsi oleh wanita hamil tanpa perlu khawatir.

Buah naga merupakan buah asli Amerika selatan, Meksiko dan beberapa bagian Amerika Tengah tetapi sekarang udah banyak tersedia di banyak negara, hingga Indonesia. Buahnya berwarna merah atau putih dengan kulit bersisik. Rasanya merupakan kombinasi dari manis dan asam dengan tektur yang mirip dengan buah kiwi.

Selama masa kehamilan, ada beberapa buah yang harus dihindari karena bisa menghasilkan panas. Tapi tidak dengan buah naga ini. Malahan ini ada banyak manfaat buah naga untuk ibu hamil lho. Apa aja nih? Pantengin yuk!

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil © Diadona

Manfaat buah naga untuk ibu hamil antara lain:

Sumber Lemak

Kehadiran lemak baik dalam tubuh perempuan hamil merupakan kebutuhan yang penting. Lemak nggak cuman ngasih energi untuk menjalankan berbagai proses metabolisme tapi juga berperan untuk pembentukan otak janin. Terlebih, manfaat buah naga untuk ibu hamil ini makin penting karena kandungan proporsi lemak yang baik pada buah naga di mana sebagian besar merupakan lemak tak jenuh tunggal.

Dalam satu porsi buah naga terdapat kurang lebih 0,1 hingga 0,6 gram lemak yang sebagian besar merupakan lemak tak jenuh tunggal. Makan jenis lemak ini - alih-alih lemak jenuh atau asam lemak trans - bakalan bikin penambahan berat badan yang sehat selama kehamilan.

Mengurangi Risiko Keguguran

Resiko keguguran yang tinggi selama trimester pertama dapat dicegah dengan kehadiran asam folat pada tubuh ibu. Dan salah satu sumbernya yakni pada buah naga lho.

Tambahan Energi

Nggak cuman kaya lemak, buah naga juga punya kandungan karhidurat yang tinggi. Ini adalah sumber energi yang mudah didapat dan bisa langsung ditransfer ke janin.

Sebagai sumber karbohidrat alami, 100 gram porsi buah naga mengandung sekitar 9 hingga 14 gram karbohidrat. FYi nih untuk ibu hamil, karbohidrat yang dianjurkan adalah minimal 135 gram per hari. Jadi, meskipun kamu nggak harus mengkonsumsi 2 atau tiga buah naga dalam sehari, paling tidak kamu sudah mengamankan beberapa gram sumber karbohidratmu dari bahan pangan yang baik dan berkualitas.

Perlindungan dari Infeksi

Tahu kan bahwa infeksi mikroba dalah hal yang berbahaya bagi janin. Infeksi ini bsia masuk ke tubuh bayi karena bakteri bisa menemukan jalan mellaui plasenta. Nah, manfaat buah naga untuk ibu hamil yaitu bisa melakukan regenerasi sel dalam pengobatan luka serta pencegahan infeksi. Serta tak lupa memasok kandungan anti jamur dan anti bakteri untuk mengatasi mikroba yang sudah ada.

Meredakan Sembelit

Dalam satu buah naga terdapat kurang lebih 0,3 hingga 0,9 gram serat. Nah selama hamil, ibu setidaknya butuh 28 gram serat per hari lho. Jadi bisa dibilang nih kalau manfaat buah naga untuk kehamilan yaitu untuk asupan serat yang sehat.

Mengutip Parenting Firstcry, kandungan serat memberikan manfaat buah naga untuk ibu hamil berupa solusi bagai masalah sembelit yang memang umum terjadi. Dengan makan buah naga secara rutin, maka bisa membantu sistem pencernaan kembali normal.

Mencegah Anemia selama Kehamilan

Ada hubungannya lho antara anemia selama kehamilan, kematian bayi, kelahiran prematur, keuguran sampai berat badan bayi lahir rendah.

Mengutip Every Day Health, sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal Belitung Nursing Journal melihat kemungkinan efek buah naga merah pada wanita hamil dengan anemia defisiensi besi , dan menemukan bahwa buah naga meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit pada hari ketujuh intervensi.

Dengan adanya penelitian inilah membuktikan bahwa manfaat buah naga untuk ibu hamil salah satunya yakni sebagai pengobatan alternatif untuk anemia. Tapi ini nggak boleh dijadikan satu-satunya pengobatan ya melainkan harus dengan konsultasi dokter.

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil © Diadona

Ada beberapa buah yang dilarang dikonsumsi bagi ibu hamil karena bisa menghasilkan panas yang bahaya untuk janin. Namun, berbeda dengan buah naga yang memberikan banyak manfaat, antara lain:

Mencegah Diabetes Gestasional

Buah naga mengandung banyak serat makanan atau serat. Ini sangat penting selama kehamilan karena makanan berserat tinggi membantu membuat kenyang lebih lama dan mencegah mengidam gula dan rasa lapar. Jadi kalau udah kenyang dengan serat dari buah naga, ibu hamil akan kecil kemungkinanya buat ngidam makanan tak sehat lainnya.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Ibu hamil jangan sampai sakit dong! Dan untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap optimal, ibu hamil kudu banyak makan makanan yang sehat dan bergizi.

Dan salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil adalah peningkatan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C nya yang akan melindungi tubuh dari kuman dan radikal bebas.

Peningkatan Hemoglobin

Zat besi dalam buah naga membantu sel darah meningkatkan kapasitas membawa oksigen dengan meningkatkan kadar hemoglobin. Ini akan mengurangi risiko anemia pada wanita hamil.

Membantu Perkembangan Tulang

Dalam pengembangan struktur tulang, janin nggak cuman butuh kalisum tapi juga fosfor lho. Dan kedua nutrisi ini terkandung dalam buah naga. Wah, selain enak ternyata manfaat buah naga untuk ibu hamil dari kandungan nutrisinya tuh banyak juga ya!

3 dari 3 halaman

Manfaat Buah Naga Buat Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil © Diadona

Harganya murah dan mudah didapat, buah ini adalah alternatif pemenuhan gizi yang cocok buat ibu hamil. Selain itu masih ada nih daftar manfaatnya.

Membantu Mengelola Diabetes Tipe 2

Menurut Some Diabetes Research Reports, biji dalam buah naga akan membantu mengatur kadar glukosa darah dan juga berpotensi untuk mencegah dan membantu mengelola diabetes tipe 2. Tapi untuk manfaat buah naga untuk ibu hamil ini, belum ada bukti ilmiahnya sih sehingga belum bisa benar-benar dibuktikan. Agar lebih aman, konsumsilah buah naga dalam jumlah yang wajar.

Mencegah Bayi Cacat Lahir

Vitamin B kompleks dikombinasikan dengan asam folat mengambil peran penting dalam mengembangkan sistem saraf janin. Kedua zat tersebut terkandung dalam buah naga lho.

Mencegah Pre-eklamsia

Apa itu pre-eklamsia? Yakni kondisi peningkatan tekanan darah disertai dengan adanya protein dalam urine. Bila dibiarkan, maka pr-eklamsia bakalan berubah menjadi eklamsia yang bisa mengancam nyatam ibu dan janin yang dikandungnya.

Nah terus apa hubungannya antara pre-eklamisa dengan manfaat buah naga untuk ibu hamil?

Gini. Risiko pre-eklamsia meningkat pada wanita yang sedang hamil. Nah, buah naga ini membantu menjaga tingkat tekanan darah dan gula darah yang stabil, sehingga meminimalkan komplikasi yang terkait dengan kehamilan.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil emang banyak, tapi jangan dikonsumsi berlebihan ya agar perut tak terlalu penuh dan masih ada ruang untuk makanan sehat lainnya.

 

Beri Komentar