16 Ciri-Ciri Hamil Sebelum Telat Haid

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 24 Juni 2020 17:59
16 Ciri-Ciri Hamil Sebelum Telat Haid
Terlalu lama nunggu waktu datang bulan dan masih takut mau uji kehamilan? Jangan khawatir, bisa cek ciri-ciri hamil sebelum telat haid kok!

Ciri-ciri hamil sebelum telat haid ini biasanya banyak dicari oleh mereka yang nggak sabar menunggu tanggal haid untuk memastikannya. Dan ternyata, walaupun berarti itu merupakan kehamilan yang masih sangat muda, tapi sudah bisa terlihat dan dirasakan oleh si calon ibu kok.

Ketiadaan menstruasi memang merupakan tanda kehamilan yang paling jelas. Tapi itu bukan satu-satunya tanda, dan Mommies nggak perlu nggak sabaran menunggunya.

Telur dibuahi oleh sperma dan tertanam di dinding rahim jauh sebelum menstruasi. Artinya, beberapa hari sebelum menstruasi terjadi, kehamilan sudah berumur beberapa hari atau beberapa minggu. Dan di waktu ini, ada banyak ciri-ciri hamil sebelum telat haid yang bisa dijadikan petunjuk lho. Ini karena ciri-ciri hamil sudah mulai muncul selama minggu pertama pembuahan.

1 dari 3 halaman

Ciri Ciri Hamil Muda Sebelum Telat Haid

Ciri-Ciri Hamil Sebelum Telat Haid © Diadona

Tes kehamilan emang nggak perlu lagi diragukan keakuratannya, bahkan pada kandungan yang berusia masih muda. Tapi, ada ciri-ciri hamil sebelum haid yang bisa dijadikan petunjuk pertama, melansir dari Firstcry Parenting. Apa saja?

Pendarahan atau Flek

Sebanyak 25 persen wanita yang hamil mengalami pendarahan ini. Apa yang terjadi? Implantasi sel telur yang dibuahi menyebabkan terjadinya flek, dan ini terjadi sekitar 6 sampai 12 hari setelah pembuahan. Karena waktunya yang berdekatan dengan pembuahan, maka bisa banget kan flek ini terjadi ketika waktu sebelum telat haid. Nah, inilah kenapa bisa jadi ciri-ciri hamil sebelum telat haid.

Beda pendarahan karena flek kehamilan dan menstruasi, antara lain:

Pra- Menstruasi

Bercak darah biasanya muncul di hari pertama menstruasi dan jumlahnya akan semakin banyak, alirannya akan terasa berat dan bertahan hingga satu minggu.

Kehamilan

Pendarahan ciri-ciri hamil sebelum telat haid biasanya berwaena merah muda atau coklat tua dan hanya sedikit saja. ercak biasanya cuman berlangsung selama satu atau dua hari aja.

Kram Menstruasi

Kram perut seperti akan menstruasi bisa juga jadi ciri-ciri hamil sebelum telat haid. Kram ini rasanya mirip dengan yang biasanya dialami sebelum haid, tapi akan terasa di perut bagian bawah atau punggung bawah. Lalu apa bedanya?

Pra-Menstruasi

Kram menstruasi terjadi pada 24 sampai 48 jam sebelum menstruasi. Rasa sakitnya bakalan berkurang selama periode menstruasi dan akhirnya akan hilang dengan sendirinya.

Kram menstruasi biasanya terasa seperti diremas dengan kencang. Nyerinya terpusat di bagian bawah dan bisa menjalar hingga ke punggung.

Ciri-ciri Hamil

Kram perut sebagai ciri-ciri hamil biasanya terasa seperti terpusat di satu sisi aja dan rasanya kayak dicubit. Rasanya juga lebih ringan dan sembuh lebih cepat dalam hitungan jam.

Suhu Basal Tubuh yang Tinggi

Ini merupakan ciri-ciri hamil sebelum telat haid yang lebih akurat ketimbang yang lainnya, Sebelum ovulasi, suhu tubuh meningkat dan kembali normal setelah siklus haid. Namun, saat hamil, suhu tubuh basal cenderung tetap tinggi. Ini karena tingginya kadar progesteron selama kehamilan

Payudara Terasa Lembut, Nyeri dan Berat

Sakit, lembut, payudara berat atau areola yang lebih gelap adalah ciri-ciri hamil sebelum telat haid. Bahkan ini bisa terlihat seminggu sebelum menstruasi. Ini karena terjdinya peningkatan kadar estrogen setelah pembuahan, di mana wanita akalan ngerasa pegal, penuh, dan nyeri akut di payudara.

Pra-Menstruasi

Selama PMS, pembengkakakn dan nyeri payudara terjadi selama paruh kedua siklus menstruasi. Rasa nyerinya berkisar dari ringan sampai parah yang memuncak saat sebelum menstruasi.

Jaringan payudara terasa bergelombang dan padat terutama di bagian luar. Kamu mungkin ngerasain payudara kayak 'penuh' banget, terasa lembut namun nyeri berat dan tumpul. Nyeri ini seringnya bakalan menghilang seiring masa menstruasi karena penurunan kadar progesteron.

Ciri-Ciri Hamil

Selama masa awal kehamilan, payudara bakalan terasa sakit, sensitif, atau lembut saat disentuh. Bisa juga kerasa lebih berat. Nah, sensasi ini biasanya terjadi satu hingga dua minggu kehamil, dan ini bisa berlangsung beberapa saat karena peningkatan kadar progesteron selama kehamilan.

Kecapekan

Perubahan hormon membuat wanita bakalan ngerasa lelah sepanjang waktu, dan ini bisa jadi ciri-ciri hamil sebelum telat haid. Selain itu, dalam masa ini tubuh wanita memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin sehingga lebih rentan capek.

Ciri-ciri hamil sebelum haid ini juga sama bisa jadi tanda PMS lho. Bedanya, kecapekan saat PMS akan hilang segera setelah menstruasi dimulai.

2 dari 3 halaman

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Mual

Ini adalah gejala menonjol yang menunjukkan kalau seseorang sedang hamil. Mual bisa muncul pada minggu ke-4 hingga ke-6 setelah pembuahan, dan bisa jadi ciri-ciri hamil sebelum telat haid.

Meski begitu, wanita yang sedang mengalami PMS juga sangat mungkin merasakan mual atau ngerasa nggak nyaman di bagian pencernaan.

Ngidam Makanan, Kepekaan Terhadap Bau

Ini terjadi pada minggu-minggu awal setelah pembuahan, sehingga bisa dijadikan ciri-ciri hamil sebelum telat haid. Nah, ini juga mungkin muncul saat PMS,meski nggak selalu.

Sakit Kepala

Keberadaan sakit kepala yang mengganggu bisa jadi ciri-ciri hamil sebelum telat haid. Ini karena peningkatan hormon yang tiba-tiba dapat memicu sakit kepala di awal kehamilan

Perubahan Suasana Hati

Ini terjaid karena perubahan hormon dalam tubuh, dan merupakan hal yang pertama dalam ciri-ciri hamil sebelum haid. Ketidakseimbangan hormon mempengaruhi neurotransmiter di otak, yang menyebabkan peningkatan emosi, mulai dari kemarahan hingga ledakan emosi yang tiba-tiba.

Dan yang sering kita tahu, perubahan mood juga menyertai ketika sedang PMS dengan alasan yang sama yakni perubahan hormon. Namun saat PMS, mood swing ini bakalan hilang seiring dengan waktu menstruasi.

Kembung

Salah satu ciri-ciri hamil sebelum telat haid yakni adanya rasa kembung dan perasaan kencang. Ini adalah hasil dari peningkatan progesteron. Meningkatnya hormon menghambat pencernaan, memerangkap gas di usus.

Pusing

Ini adalah gejala awal kehamilan dan ciri-ciri hamil sebelum telat haid. Alasannya? Pembuluh darah melebar, sehingga menyebabkan penurunan tekanan darah, yang mengarah pada perasaan pusing dan ketidakseimbangan. Gejala ini berlangsung selama trimester pertama dan secara bertahap menurun pada fase lainnya.

Sembelit

Pergerakan usus jadi mengeras karena adanya lonjakan hormon, sehingga mengurangi kecepatana makanan melewati sistem pencernaan.

Ada Rasa aneh di Mulut

Hormon memang bikin serba salah ya. Keberadaan perubahan hormon ini juga lah yang bikin rasa canggung yang aneh di mulut, yang disebut dengan dysgeusia. Hal ini bisa jadi ciri-ciri hamil sebelum telat haid.

Perubahan Lendir Serviks

Peningkatan lendir serviks merupakan pendeteksi awal kehamilan dan bisa sebagai ciri-ciri hamil sebelum telat haid. Kenapa?
Setelah pembuahan, lendir serviks akan tampak lebih tebal dan kental, dan akan tetap seperti itu sampai waktunya waktu di mana menstruasi harusnya datang.

Sesak Napas

Tubuh mulai lebih banyak membutuhkan oksigen dan darah untuk bernapas dua kehidupan. Akibatnya, napas jadi terasa pendek.

Jerawat

Jerawat memang biasanya muncul saat mau menstruasi yah. Tapi jga bsia muncul karena peningkatan kadar hormon setelah pembuahan terjadi. Meski begitu, uniknya, ini bisa terjadi sebaliknya juga lho di mana jerawat justru nggak muncul.

Terjadinya gejala kehamilan bisa bervariasi tiap-tiap orang. Payudara yang lembut, mual, kelelahan, lemas, peka terhadap bau dan kembung adalah tanda yang muncul paling enggak pada seminggu atau dua minggu sebelum haid. Tapi untuk ciri-ciri hamil sebelum telat haid lainnya datang dengan membutuhkan waktu yang lebih lama.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Akan Hamil Sebelum Telat Haid

Ciri-Ciri Hamil Sebelum Telat Haid © Diadona

Setelah pembuahan terjadi, sel telur akan berkembang menjadi bakal janin, lalu menempel di dinding rahim. Penempelan ini disebut dengan implantasi, dan di fase tersebut seseorang sudah dikatakan hamil.

Berarti, seorang wanita bisa saja akan hamil setelah dia melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi, kan? Meski begitu, pahami juga bahwa kontrasepsti tidak sepenuhnya menjamin kehamilan 100 persen nggak akan terjadi. Jadi, persiapkan diri untuk kemungkinan kehamilan setiap kali melakukan hubungan seksual.

Ciri-ciri hamil sebelum telat haid ini penting banget untuk menjaga biar kandungan tetap aman di usia yang masih sangat rawan. Jangan sampe deh ibu yang hamil muda melakukan kegiatan ekstrim, ikut lomba balap karung, misalnya.

Beri Komentar