4 Gerakan Stretching untuk Ibu Hamil, Mudah dan Aman Dilakukan di Rumah

Reporter : Mila
Jumat, 16 Juli 2021 16:57
4 Gerakan Stretching untuk Ibu Hamil, Mudah dan Aman Dilakukan di Rumah
Meski lagi hamil, jangan malas untuk bergerak ya!

Ikut kelas olahraga bersama para ibu hamil lainnya memang membuat lebih semangat. Tapi bukan berarti saat di rumah saja seperti ini membuat Moms jadi kembali malas bergerak. Ibu hamil tak perlu olahraga yang berat-berat, cukup stretching saja karena setidaknya bisa mencegah Moms mengalami sakit pinggang karena hamil.

1 dari 5 halaman

Kata Ahli

Menurut ahli fisiologi olahraga Catherine Cram, M.S., stretching membuat tubuh Moms lebih fleksibel, menjaga otot-otot longgar, dan meringankan rasa sakit dan nyeri saat hamil.

" Stretcing juga meningkatkan rentang gerak tubuh Anda, yang dapat mempersiapkan Anda menghadapi beratnya persalinan. Dan ini adalah cara yang sehat untuk bersantai dan melepaskan stres,"  kata Cram, melansir Baby Center.

Mengutip Mayo Clinic, berikut empat gerakan stretching untuk ibu hamil yang mudah dilakukan di rumah:

2 dari 5 halaman

Low Back Stretch

Low Back Stretch © Diadona

Untuk low back stretch, dalam posisi menungging, tarik perut dan sedikit membulatkan punggung. Tahan selama beberapa detik, lalu relaksasikan perut dan punggung. Tak lupa jaga agar punggung serata mungkin. Secara bertahap kerjakan hingga 10 kali pengulangan.

3 dari 5 halaman

Backward Stretch

Backward Stretch © Diadona

Untuk meregangkan punggung, panggul, dan paha, cobalah backward stretch. Dalam posisi menungging, majukan lengan ke arah depan dengan lurus. Pastikan siku bertemu lutut. Tahan selama beberapa detik, dan kemudian kembali ke posisi awal. Secara bertahap kerjakan hingga 10 kali pengulangan.

4 dari 5 halaman

Standing Pelvic Tilt

Standing Pelvic Tilt © Diadona

Selanjutnya coba memiringkan panggul ketikaberdiri. Ini cara lain untuk meregangkan otot-otot di punggung bawah. Pertama, Moms berdiri tegak dengan punggung menghadap dinding, kedua kaki selebar bahu. Kemudian dorong punggung ke dinding. Tahan selama beberapa detik dan kemudian kembali ke posisi awal. Secara bertahap kerjakan hingga 10 kali pengulangan.

5 dari 5 halaman

Torso Rotation

Torso Rotation © Diadona

Untuk meregangkan otot-otot di punggung dan tubuh bagian atas, cobalah rotasi ini. Duduk di lantai dengan kaki bersilang. Pegang kaki kanan dengan tangan kiri. Kemudian gerakkan tangan kiri di belakang, perlahan-lahan buka tubuh bagian atas ke kanan. Tahan selama beberapa detik, dan kemudian kembali ke posisi awal. Berpindah tangan dan ulangi di sisi lain. Secara bertahap kerjakan hingga 10 kali pengulangan pada masing-masing sisi.

Gimana, mudah kan Moms? Semoga bisa diterapkan ya!

Beri Komentar