4 Mitos Tanda-Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan, Duh Hari Gini Masih Percaya, Moms?

Reporter : Prisma Difta
Senin, 4 Mei 2020 13:00
4 Mitos Tanda-Tanda Ibu Hamil Anak Perempuan, Duh Hari Gini Masih Percaya, Moms?
Baiknya konsultasikan diri ke dokter spesialis kandungan ya, moms!

Kita semua sudah terbiasa dengan yang namanya mitos, bukan?Mitos soal kehamilan adalah yang paling banyak tersebar di kalangan ibu-ibu hamil dari zaman dulu hingga sekarang. Banyak dari kalangan ibu-ibu hamil yang masih tak tahu apakah kabar tersebut benar adanya atau hanya mitos belaka.

Nah, dibawah ini kami akan membahas beberapa mitos yang menandakan bahwa ibu akan memiliki anak perempuan menurut fimela.com, simak ya!

1 dari 5 halaman

1. Posisi Tidur

ilustrasi ibu hamil © Diadona

mitos yang masih dipercaya ciri-ciri ibu sedang hamil anak perempuan yakni akan cenderung tidur dengan posisi miring.

Namun, mitos yang satu ini juga tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Bagi perempuan hamil, tidur dengan posisi miring tentu saja lebih nyaman dibandingkan dengan posisi terlentang mengingat ukuran perut yang kian membesar.

Padahal posisi tidur miring, terutama miring ke kiri adalah posisi tidur yang dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil, terutama saat usia kandungannya semakin besar.

Hal ini disebabkan karena peredaran darah, serta distribusi oksigen dan nutrisi akan lebih lancar bila Mama tidur dengan posisi tidur miring ke kiri.

2 dari 5 halaman

2. Berjerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat © Diadona

Seperti yang dikatakan oleh kepercayaan kuno, jika mengandung janin perempuan, bayi yang ada di dalam kandunga mama akan mencuri kecantikan mama yang mengandungnya.

Jika saat hamil, wajah mama terlihat lebih kusam, berminyak, dan jerawatan, berarti Mama diprediksi sedang mengandung bayi perempuan.

Hal itu tentu nggak teruji kebenarannya. Seperti yang sudah Mama ketahui, bahwa masalah kulit berjerawat yang terjadi saat Mama hamil muncul akibat perubahan hormon.

Jadi, meski mengandung bayi laki-laki, ibu tetap bisa jerawatan akibat perubahan hormon dan kulit yang kurang terawat.

3 dari 5 halaman

3. Linea Nigra

Mitos lain yang diyakini kalau ibu sedang hamil bayi perempuan adalah bila garis hitam atau linea nigra terlihat putus-putus, atau berliku-liku.

Namun, sebenarnya linea nigra memang kadang terlihat jelas, kadang tidak. Dengan kata lain, linea nigra tidak memengaruhi jenis kelamin bayi yang sedang ibu kandung.

Bahkan, semakin dekat dengan waktu kelahiran, garis hitam atau linea nigra pada perut mama akan tampak semakin jelas.

4 dari 5 halaman

4. Sering Muntah-Muntah

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Kepercayaan kuni menyakini bahwa jika saat hamil sering muntah-muntah pada pagi hari  atau yang sering dikenal dengan sebutan morning sicknes, berarti Mibu sedang mengandung bayi perempuan.

Ternyata mitos yang satu ini mungkin ada benarnya. Beberapa penelitian menyebutkan jika perempuan yang sedang hamil sering mengalami morning sickness yang parah, kemungkinan besar ia akan melahirkan bayi perempuan.

Hal itu disebabkan oleh hormon hCG (hormon yang memicu morning sickness) cenderung lebih tinggi pada yang mengandung bayi perempuan dibandingkan dengan yang hamil anak laki-laki.

Beri Komentar