5 Cara Mempercepat Pembukaan Jalan Lahir Jelang Persalinan, Wajib Simak ya Moms!

Pregnancy | Selasa, 19 April 2022 10:57

Reporter : Mila Ismiranda

Lakukan ini agar proses persalinan lebih cepat.

Mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir) tak jarang ibu hamil khawatir karena tidak ada tanda-tanda kontraksi menjelang persalinan. Padahal cepat atau lambatnya proses persalinan itu semua bergantung pada pembukaan jalan lahir. Secara normal seharusnya mulut rahim atau serviks akan lunak serta melebar saat menjelang persalinan.

Meski begitu, melansir Baby Centre, dalam beberapa kasus ibu hamil mengalami pembukaan yang cukup lambat. Lantas bagaimana ccara mempercepat pembukaan afar proses persalinan lebih mudah?

Simak terus ya, Moms!

5 Cara Mempercepat Pembukaan Jalan Lahir Jelang Persalinan, Wajib Simak ya Moms!
2 dari total 7 halaman

Sering Jalan Kaki

Melansir Birthing Naturally, berjalan kaki lebih sering akan membantu janin jadi lebih cepat turun ke arah jalan lahir. Kepala janin yang mengalami tekanan ke arah mulut rahim bisa membantu pembukaan menjadi lebih cepat.

Selain itu, sering jalan kaki juga bisamenstimulasi kontraksi serta mendorong proses pembukaan lebih cepat. Tidak perlu jauh-jauh, cukup hanya berjalan kaki di sekitar rumah atau taman agar tidak terlalu membosankan.

3 dari total 7 halaman

Olahraga Ringan

Moms bisa mencoba melakukan olahraga dengan gerakan-gerakan yang ringan. Olahraga ringan bisa mempercepat proses pembukaan karena bisa meregangkan serviks sebagai jalan lahir si Kecil, tapi pastikan tidak terlalu ambisius agar pembukaan lebih cepat terjadi karena perlu juga memahami kondisi tubuh sendiri. 

Usahakan tetap berhati-hati dan fokus terhadap janin di dalam kandungan ya, Moms!

4 dari total 7 halaman

Stimulasi Puting

Mempercepat pelebaran mulut rahim juga bisa dilakukan dengan stimulasi puting susu. Cara seperti ini cukup alami karena membantu proses persalinan menjadi lebih cepat karena memicu pelepasan hormon oksitosin, sehingga menimbulkan kontraksi rahim.

Stimulasi puting susu bisa dilakukan oleh semua perempuan secara manual. Moms bisa menggunakan alat bantu seperti pompa payudara atau meminta bantuan suami untuk melakukan stimulasi puting susu ini.

5 dari total 7 halaman

Menggunakan Ball Birth

Ball birth berbentuk seperti bola gym bisa digunakan untuk membantu ibu hamil selama proses persalinan. Bola yang satu ini dipercaya bisa melancarkan persalinan serta mengurangi rasa sakit saat kontraksi.

Kalau ball birth rutin digunakan, akan mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung saat terjadi kontraksi dan mempercepat proses pembukaan jelang persalinan.

6 dari total 7 halaman

BAK Teratur

Perlu diketahui bahwa kandung kemih yang penuh, tapi tidak dikeluarkan secara rutin bisa menghambat kontraksi. Semakin terus ditahan, maka tekanan pada serviks akan semakin memperlambat pembukaan. 

Untuk itu, saat sudah ingin buang air kecil pastikan tidak ditahan. Seringlah buang air kecil secara teratur untuk mempercepat pembukaan. 

Join Diadona.id