5 Hal yang Perlu Ibu Hamil Perhatikan saat Harus Kerja Lembur

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 28 November 2020 06:30
5 Hal yang Perlu Ibu Hamil Perhatikan saat Harus Kerja Lembur
Berikut hal yang perlu Moms perhatikan bila sering kerja lembur saat hamil.

Hamil tentu jadi hal yang membahagiakan bagi seorang ibu, namun sekaligus tantangan bagi mereka yang bekerja. Meski sedang hamil, Moms tetap dituntut untuk produktif dan aktif dalam bekerja. Tak jarang, Moms harus lembur sampai larut malam demi menyelesaikan pekerjaan.

Bekerja lembur sebenarnya nggak disarakan Moms bagi ibu hamil. Pasalnya, hal ini bisa berdampak buruk bagi kehamilan bahkan bisa menyebabkan keguguran. Tapi bila Moms harus bekerja lembur, berikut ada sederet hal yang perlu Moms perhatikan.

Dikutip dari Parenting Orami, langsung saja yuk kita simak sederet hal yang perlu Moms perhatikan berikut ini.

1 dari 5 halaman

Makan Makanan Bergizi

Ilustrasi Ibu Hamil Makan Sayur © Diadona

Makan makanan yang bergizi jadi poin penting yang perlu Moms perhatikan agar tetap sehat dan aktif selama hamil. Moms bisa memperbanyak makan buah dan sayur agar kebutuhan nutrisi dan serat bisa terpenuhi.

Selain itu, Moms juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C dan multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dan sebagai antioksidan.

Tapi, sebelum mengonsumsi vitamin ini sebaiknya Moms mengonsultasikannya lebih dulu pada dokter, ya untuk hasil yang optimal.

2 dari 5 halaman

Dengarkan Tubuh

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Bila Moms sudah merasakan 'sinyal' tubuh yang lelah seperti pegal atau mengantuk, lebih baik Moms istirahat sejenak dari pekerjaan. Moms bisa meninggalkan kursi kerja Moms sejenak dan berjalan-jalan sebentar.

Selain itu, duduk terlalu lama juga kurang baik bagi ibu hamil lho Moms. Hal ini bisa menganggu aliran darah, terutama pada bagian tungkai kaki. Berikan jeda waktu sejenak untuk mata Moms beristirahat dari komputer.

3 dari 5 halaman

Konsultasikan Kehamilan secara Rutin

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Mengonsultasikan kehamilan secara rutin pada dokter juga nggak kalah penting Moms. Apalagi bila waktu lembir dan kesibukan Moms di kantor melebihi jadwal biasanya. Jangan memaksakan diri untuk lembur ya Moms bila memang kandungan Moms dinyatakan bermasalah.

Selain itu, jangan sungkan memberitahu atasan tentang kondisi kehamilan Moms ya sehingga diharapkan bisa jadi perhatian agar Moms tidak sering lembur selama kehamilan.

4 dari 5 halaman

Ciptakan Suasana Nyaman

Ilustrasi ibu hamil bekerja © Diadona

Moms bisa mulai dengan memakai pakaian yang nyaman. Pakai pakaian yang longgar dan nyaman saat bekerja. Selain itu, Moms juga bisa memutar musik yang lembut sejenak untuk meredakan stres akibat pekerjaan. Untuk hal satu ini, Moms bisa memakai earphone agar tak mengganggu rekan kerja lainnya ya.

5 dari 5 halaman

Atur Jadwal dan Prioritas

Ilustrasi ibu hamil bekerja © Diadona

Jangan biarkan hamil menjadi penghalang untuk Moms tetap produktif, ya. Moms bisa mulai membuat jadwal dan mengatur prioritas pekerjaan. Moms bisa mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan tenaga dan pikiran di awal jam kantor saat kondisi tubuh Moms masih prima.

Nah, itu dia sederet tips bila Moms harus kerja lembur saat hamil. Tapi, sebisa mungkin hindari bekerja lembur terlalu sering ya Moms karena bisa berakibat buruk bagi kehamilan. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar