5 Kebiasaan Ibu Hamil yang Bisa Sebabkan Anak Sindrom Tourette, Waspada Moms!

Pregnancy | Rabu, 27 Oktober 2021 11:57

Reporter : Mila Ismiranda

Jangan lupa disimak ya.

Sindrom tourette atau tic adalah sebuah gangguan yang membuat seseorang tidak bisa mengendalikkan beberapa gerakan yang dibuat oleh tubuh. Misalnya, batuk, berkedut hingga menampar.

Sindrom tourette mulai terlihat pada anak usia dua tahun. Tapi, hal itu cenderung hilang ketika anak bertumbuh dewasa. Meskipun, banyak pula yang memiliki sindrom ini hingga masa tuanya. Jika bertambah parah, sindrom ini butuh terapi khusus.

Orang yang mengidap sindrom tourette biasanya karena faktor genetik dari keluarga. Meski begitu, penelitian lain juga mengungkapkan ada beberapa kebiasaan ibu hamil yang bisa jadi penyebab anak lahir dengan sindrom tourette. Apa saja?

5 Kebiasaan Ibu Hamil yang Bisa Sebabkan Anak Sindrom Tourette, Waspada Moms!
2 dari 6 halaman

Stres Berat pada Awal Mehamilan

Mengutip official website rumah sakit Michigan Medicine dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, salah satu faktor pemuci sindrom tic adalah ibu hamil yang mengalami stres berat di trimester pertamanya.

Pemicu stres setiap ibu hamil bisa berbeda. Oleh karena itu, penting sekali bagi orang-orang disekitar untuk mengenali gejala jika orang terdekat yang tengah hamil muda mengalami stres.

3 dari 6 halaman

Minum Kopi Berlebihan

Ilustrasi Minum KopiIlustrasi Minum Kopi © Shutterstock

Kopi sebenarnya aman dikonsumsi ibu hamil asal dengan takaran tertentu yaitu 200 mg sehari.

Berikut jumlah umum kafein dalam kopi:

  • 60-200 mg kafein dalam satu cangkir kopi seduh.
  • 140 mg kafein dalam satu cangkir kopi saring.
  • 100 mg kafein dalam satu cangkir kopi instan.
4 dari 6 halaman

Merokok dan Terpapar Asap Rokok

Merokok bagi orang sehat sangat tidak sehat, apalagi untuk ibu hamil. Tidak hanya merokok langsung, ibu hamil yang sering terpapar asap rokok pun memiliki kemungkinan komplikasi kehamilan seperti anak dengan sindrom tourette daripada yang tidak terpapar asap rokok.

5 dari 6 halaman

Mengonsumsi Obat-obatan Terlarang

Ilustrasi Minum ObatIlustrasi Minum Obat © Shutterstock

Menggunakan narkoba atau obat terlarang lain saat hamil akan memberikan dampak yang sangat serius pada perkembangan bayi. Salah satunya adalah ganja dan amfetamin. Ganja bisa menyebabkan bayi dalam kandungan kekurangan oksigen sehingga anak lahir dengan sindrom tourette.

6 dari 6 halaman

Minum Alkohol

Tak berbeda jauh dengan merokok, mengonsumsi alkohol saat hamil bisa membahayakan Moms dan bayi dalam kandungan. Saat ibu hamil mengonsumsi alkohol maka aliran darah yang membawa alkohol itu melewati plasenta hingga ke janin.

Rumah sakit Michigan Medicine dari Universitas Michigan menyebut ibu hamil yang kerap mengonsumsi alkohol berisiko melahirkan bayi dengan sindrom tourette.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Moms!

Join Diadona.id