5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil, Ketahui Efek Samping dan Batas Aman Konsumsi

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 1 Maret 2021 12:22
5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil, Ketahui Efek Samping dan Batas Aman Konsumsi
Selain rasanya yang nikmat, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil juga tidaklah sedikit.

Seperti diketahui, nutrisi di dalam susu bisa bantu memenuhi kebutuhan zat gizi bagi ibu dan janinnya selama masa kehamilan. Akan tetapi, tidak semua ibu hamil memiliki toleransi yang tinggi pada laktosa dalam susu hewani.

Sehingga, untuk mengatasi permasalahan ini, susu nabati seperti susu kedelai kerap jadi solusinya. Sayangnya, seberapa besar manfaat susu kedelai untuk ibu hamil selama ini masih menjadi perdebatan. Ada yang berpendapat baik untuk diminum ibu hamil, dan sebagian lagi menganggap susu kedelai berbahaya.

Lantas, adakah manfaat susu kedelai untuk ibu hamil? Simak penjelasannya berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil minum susu © Diadona

Sebelum membahas tentang manfaat susu kedelai bagi ibu hamil, yuk mengenal apa itu susu kedelai. Susu kedelai adalah susu yang paling mudah ditemukan dan harganya lebih terjangkau kalau dibandingkan dengan susu nabati lainnya.

Nah, berikut sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari minum susu kedelai bagi ibu hamil dan janinnya.

1. Membantu Pengembangan Sistem Saraf Bayi

Manfaat susu kedelai bagi ibu hamil yang pertama adalah membantu pengembangan sistem saraf bayi, hal ini dibuktikan menurut laman The Soy Inc. Sehingga, kebanyakan ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat selama kehamilan.

Sementara untuk pendekatan yang lebih aman dan sehat ialah dengan mengonsumsi susu kedelai karena merupakan sumber alami asam folat. Nah, asam folat sendiri diketahui membantu perkembangan sistem saraf bayi. 

2 dari 4 halaman

2. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D dan Kalsium

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Manfaat susu kedelai buat ibu hamil berikutnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium. Buat sebagian ibu hamil yang sensitif terhadap sinar matahari, susu kedelai bisa menjadi alternatif yang tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian lho, Moms.

Ya, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dengan kandungan kalsiumnya yang baik, cukup membantu kesehatan kulit dan penglihatan. Selain itu, kombinasi vitamin D serta kalsium juga membantu pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada bayi, lho.

3. Protein untuk Mendukung Perkembangan Janin

Sebenarnya ada banyak makanan yang mengandung protein, salah satunya ialah menjadikan susu kedelai sebagai asupan protein supaya pola makan yang dijalani lebih bervariasi.

Sedangkan protein memiliki manfaat untuk masa kehamilan, yakni untuk mengoptimalkan perkembangan semua organ janin. Apalagi protein dalam susu kedelai terbilang sangat lengkap, Moms. Mulai dari glisin, treonin, arginin, hingga lisin.

3 dari 4 halaman

4. Menjaga Energi Wanita Hamil

Ilustrasi ibu hamil olahraga © Diadona

Moms, tahu nggak sih ternyata susu kedelai untuk ibu hami juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga energi selama kehamilan, lho. Hal ini diketahui dari susu kedelai yang dikenal sebagai alternatif sehat lantaran kandungan karbohidratnya yang tinggi.

5. Kaya Lemak Nabati

Manfaat susu kedelai bagi ibu hami yang berikutnya yaitu kaya kandungan akan lemak nabati. Ya, diketahui beberapa lemak (dan asam lemak yang dikandungnya) sangat penting selama kehamilan karena mendukung perkembangan otak dan mata bayi Moms sebelum dan sesudah lahir.

Selain itu, lemak juga membantu pertumbuhan plasenta dan jaringan lain. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa beberapa lemak bisa membantu mencegah kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah, lho.

4 dari 4 halaman

Efek Samping dan Jumlah Konsumsi Susu Kedelai yang Direkomendasikan bagi Ibu Hamil

Meskipun manfaat susu kedelai buat ibu hamil cukup banyak, namun hal ini juga bisa menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi terlalu banyak. berikut beberapa efek samping susu kedelai bagi ibu hamil ialah:

1. Menurunkan Kolesterol Baik yang Dibutuhkan Selama Hamil

Ternyata susu kedelai jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menurunkan kadar kolesterol alami yang sebenarnya dibutuhkan tubuh semasa hamil lho, Moms. Sebab, kolesterol ini berperan dalam pembentukan vitamin D, dan hormon kehamilan seperti progesteron serta estrogen.

2. Isoflavon

Perlu diketahui, bahwa susu kedelai mengandung isoflavon yang bisa meniru estrogen dalam tubuh manusia. Sehingga, apabila terlalu banyak dikonsumsi bisa memengaruhi kesehatan kamu, tetapi juga perkembangan bayi yang ada di dalam rahim.

Selain itu, penelitian mengaitkan jika konsumsi besar susu kedelai oleh ibu hamil dengan terjadinya tumor pada bayi.

Nah, itulah beberapa manfaat susu kedelai bagi ibu hamil. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meski susu kedelai memliki banyak manfaat untuk kesehatan Moms, namun sebagai referensi sebaiknya kamu mengonsumsi satu atau dua porsi susu kedelai dalam sehari.

Beri Komentar