5 Masalah Kesehatan yang Kerap Terjadi pada Bayi Baru Lahir, Waspada Moms!

Pregnancy | Kamis, 2 September 2021 07:57

Reporter : Mila Ismiranda

Tetap was-was ya!

Setiap Moms pasti khawatir tentang kesejahteraan bayi mereka, terutama pada hari-hari pertama setelah kelahiran.

Perlu dipahami, bayi yang baru lahir belum memiliki organ-organ yang sempurna. Sehingga, bayi akan mengalami beberapa masalah kesehatan.

Melansir Curejoy dan Firstcry Parenting, ini beberapa masalah kesehatan yang rentan dialami bayi baru lahir.

5 Masalah Kesehatan yang Kerap Terjadi pada Bayi Baru Lahir, Waspada Moms!
2 dari 6 halaman

Penyakit Kuning

Kulit dan bagian putih mata yang menguning adalah kondisi yang umum dialami bayi yang baru lahir. Hal ini terjadi karena hati bayi yang baru lahir belum berkembang sempurna sehingga pembuangan kelebihan bilirubin tidak efektif.

Biasanya, kondisi ini akan menjadi normal kembali saat bayi memasuki usia dua minggu. Tapi, Moms juga perlu berkonsultasi dengan dokter anak untuk memastikan bahwa kondisi bayi tidak berbahaya.

3 dari 6 halaman

Muntah-muntah

Pada hari-hari pertama kelahiran, bayi akan sering muntah. Terutama setelah diberi susu atau ASI. Selain itu, tidak menyendawakan bayi juga bisa menyebabkannya muntah.

Untuk masalah ini, bayi tidak memerlukan perawatan khusus. Tapi pastikan agar bayi tetap terhidrasi.

4 dari 6 halaman

Masalah Kulit

Masalah kulit, seperti ruam popok dan kerak kepala adalah masalah kulit yang bisa membuat bayi merasa tidak nyaman.

Ruam popok bisa terjadi saat bayi memakai popok yang basah atau kotor dalam waktu lama, atau karena alergi terhadap bahan kimia pada popok. Untuk mengatasi masalah ini, ibu harus sering mengganti popok dan mengoleskan krim ruam popok.

Kerak kepala pada bayi bisa terjadi karena produksi minyak berlebih oleh kelenjar kulit di sekitar folikel rambut. Solusinya Moms bisa mencuci rambut bayi dengan sampo ringan setiap hari untuk melonggarkan dan menghilangkan sisik di kulit kepalanya.

5 dari 6 halaman

Gangguan Pernapasan

Bayi yang baru lahir biasanya punya kulit kebiruan karena kekurangan oksigen. Butuh waktu beberapa jam baginya untuk belajar bernapas secara normal. Setelah bayi bisa bernapas dengan normal, biasanya kebiruan ini juga akan hilang dengan sendirinya.


Tapi kalau warna kebiruan terus berlanjut, Moms wajib memeriksakan ke dokter.

6 dari 6 halaman

Distensi Abdomen

Distensi abdomen bisa terjadi karena bayi menelan udara berlebih. Sebagai orangtua, Moms harus sering-sering mengamati perut bayi untuk mengetahui kalau bayi mengalami distensi abdomen.

Bayi yang baru lahir punya perut yang menonjol dan lunak. Apabila saat disentuh perut bayi terasa keras dan bengkak, bisa jadi ia mengalami distensi abdomen.

Masalah kesehatan pada bayi baru lahir memang umum terjadi dan tidak berbahaya, tapi tidak ada salahnya untuk selalu waspada ya, Moms!

Join Diadona.id