5 Tips Aman Naik Turun Tangga Pasca Persalinan Caesar

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 6 Januari 2021 13:30
5 Tips Aman Naik Turun Tangga Pasca Persalinan Caesar
Simak sederet tips berikut ini ya, Moms.

Kelahiran buah hati memang jadi momen yang paling dinanti-nanti setiap pasangan. Meski banyak ibu yang melahirkan secara normal, tapi nggak sedikit juga ibu yang harus melahirkan lewat operasi caesar.

Melahirkan dengan operasi caesar memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih dibanding persalinan normal. Karena itu, Moms harus berhati-hati pada masa pemulihan ini agar luka nggak kembali terbuka.

Salah satu hal yang biasanya dikhawatirkan ibu dalam kondisi ini yakni saat terpaksa harus naik turun tangga. Nah, bila Moms juga sedang menghadapi masalah ini, berikut Diadona sajikan tips aman naik turun tangga pasca operasi caesar. Yuk, kita simak berbagai tipsnya.

1 dari 6 halaman

Boleh Nggak sih Ibu Naik Turun Tangga Pasca Operasi Caesar?

Ilustrasi Melahirkan © Diadona

Dikutip dari Kidsly Mom, sebenarnya secara umum dokter menganjurkan agar ibu menghindari naik turun tangga selama tiga sampai enam minggu pertama pasca persalinan caesar, Moms. Hal ini nggak lepas dari tubuh yang diharpkan fokus pada penyembuhan total setelah operasi.

Nggak hanya membebani tubuh dan menekan otot perut, menaiki tangga juga berisiko membuat ibu terjatuh yang bisa menyebabkan luka terbuka kembali. Bila memang kondisi ini nggak bisa dihindarkan, Moms harus benar-benar berhati-hati saat harus naik atau turun tangga.

2 dari 6 halaman

Tips Aman Naik Turun Tangga Pasca Operasi Caesar

Bila Moms terpaksa harus menggunakan tangga, berikut tips sederhana untuk menghindari potensi masalah yang mungkin terjadi. Apa saja tipsnya?

1. Gunakan Tangga Seminim Mungkin

Bila Moms memiliki tangga di rumah, sebaiknya hanya gunakan sesekali saja. Lebih baik lagi bila Moms nggak menggunakan tangga untuk beberapa waktu.

Bila mungkin kamar Moms ada di lantai atas, Moms bisa sementara waktu tinggal di kamar lantai bawah sehingga Moms nggak perlu bolak balik naik turun tangga setiap harinya.

3 dari 6 halaman

2. Bawa Semua Barang Keperluan ke Lantai Bawah

ilustrasi bayi dan popok © Diadona

Moms juga bisa membawa segala keperluan si kecil ke lantai bawah. Moms bisa ambil beberapa popok, tisu, dan pakaian ekstra sekaligus menaruhnya di ruangan yang berada di lantai bawah. Pastikan juga ruang keluarga Moms memiliki semua yang Moms dan si kecil butuhkan ya agar tetap nyaman seperti bantal atau selimut.

4 dari 6 halaman

3. Jangan Bawa Barang Berat

Dokter menyarankan agar Moms hanya membawa barang-barang seberat bayi saat menggunakan tangga. Tapi, sebaiknya Moms hindari membawa apapun saat harus naik atau turun tangga. Bila Moms memang harus menggendong bayi ke lantai atas, yang terbaik adalah menghindarinya sebisa mungkin.

5 dari 6 halaman

4. Cari Bantuan Bila Diperlukan

Saat harus naik atau turun tangga, nggak ada salahnya Moms meminta bantuan pada pasangan, anggota keluarga, atau teman. Bahkan, sebisa mungkin Moms melakukan hal ini saat masih dalam tahap pemulihan pasca operasi caesar.

5. Bergerak Perlahan

Ilustrasi wanita naik tangga © Diadona

Gerakan buru-buru dan cepat sangat berisiko besar membuat Moms jatuh dari tangga yang bisa menyebabkan luka operasi terbuka. Hal ini juga mengapa ibu hamil juga disarankan untuk nggak berkendara lebih dulu beberapa waktu. Pasalnya, jatuh atau tersentak bisa memperlambat penyembuhan.

Beri Komentar