7 Makna Tendangan Bayi dalam Kandungan, Moms Wajib Tahu!

Reporter : Mila
Selasa, 9 Maret 2021 09:57
7 Makna Tendangan Bayi dalam Kandungan, Moms Wajib Tahu!
Kalau si kecil menendang, artinya...

Hamil adalah momen istimewa bagi setiap wanita. Apalagi kalau Moms sudah merasakan tendangan si kecil dari dalam kandungan. Pasti bahagianya luar biasa, karena tahu bahwa sang janin dalam kandungan bergerak aktif.

Tapi tahu gak sih Moms, ternyata ada lho alasan di balik tendangan bayi di dalam kandungan. Yap, ada beberapa faktor yang membuat si kecil lebih aktif dalam bergerak dan menendang. Apa saja ya kira-kira? Langsung simak artikelnya yuk!

1 dari 7 halaman

Terbangun

Pernahkah Moms bertanya-tanya kenapa janin lebih banyak bergerak di malam hari, tepatnya saat Moms lagi tidur? Ini karena selama seharian Moms beraktivitas, pergerakan-pergerakan yang dilakukan Moms membuat janin tertidur pulas. Sebaliknya, waktu Moms sedang diam atau tertidur, janin justru akan terbangun.

2 dari 7 halaman

Merasa Sempit

Saat usia kandungan makin tua dan besar, bayi juga bisa merasa sempit berada di dalam kandungan, lho. Kondisi ini biasanya mulai terjadi pada kehamilan trimester ketiga. Pada waktu ini, janin akan menjadi lebih banyak bergerak untuk membuat tubuhnya lebih rileks dan nyaman.

3 dari 7 halaman

Menikmati Musik

Seiring berjalannya waktu, telinga dan sistem pendengaran bayi makin berkembang pesat. Ia pun mulai bisa mendengar segala sesuatu yang berada di luar tubuh Moms.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa memperdengarkan musik juga memengaruhi perkembangan janin. Nah, kalau ia menyukai dan menikmati musik tersebut, ia juga bisa memberi respons berupa tendangan.

4 dari 7 halaman

Setelah Makan

Segala sesuatu yang Moms makan pada dasarnya juga dirasakan oleh janin. Oleh sebab itu, penting untuk Moms menjaga pola makan dan memilih menu yang sehat.

5 dari 7 halaman

Setelah Olahraga

Saat Moms baru saja selesai berolahraga dan banyak melakukan gerakan-gerakan tertentu, bayi bisa lebih aktif juga dibandingkan biasanya. Oleh sebab itu, saat Moms mulai banyak bergerak ia pun akan mulai menendang dan bergerak juga.

Aktif berolahraga membuat aliran darah di tubuh Moms menjadi lebih lancar, efeknya pasokan oksigen dan nutrisi untuk si Kecil pun juga akan lebih besar.

6 dari 7 halaman

Makan Manis

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk ‘memancing’ bayi aktif bergerak adalah mengonsumsi makanan manis dan bergula sebelum pemeriksaan USG (ultrasonografi).

Menurut beberapa studi, konsumsi makanan manis memiliki kaitan dalam lebih aktifnya bayi dalam kandungan. Tapi ingat, jangan berlebihan ya, karena makanan manis juga bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan.

7 dari 7 halaman

Si Kecil Latihan

Memang ada kalanya janin juga sedang ingin olahraga alias menggerakkan seluruh bagian tubuhnya. Pergerakan ini adalah salah satu cara janin untuk melatih otot, tulang dan sendi di tubuhnya.

Gimana, sekarang udah paham kan Moms apa artinya kalau si kecil mulai aktif di dalam kandungan?

Beri Komentar