7 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janin, Moms Perlu Tahu

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 2 Maret 2021 12:11
7 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janin, Moms Perlu Tahu
Salah satu manfaat air kelapa untuk ibu hamil dipercaya bisa memberi hidrasi sekaligus nutrisi selama masa kehamilan.

Seperti yang diketahui, air kelapa memang dikenal sebagai minuman alami yang bisa mengembalikan cairan pada tubuh. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung elektrolit, sehinga sangat bermanfaat untuk rehidrasi saat tubuh kekurangan cairan.

Sehingga, tak heran jika manfaat air kelapa untuk ibu hamil berperan penting karena bakal membuat kulit bayi putih serta bayi lahir dalam kondisi bersih. Selain itu, banyak mitos yang beredar kalau air kelapa juga bisa membuat rambut bayi lebat nan hitam.

Lantas, apa saja sih manfaat air kelapa untuk ibu hamil? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil © Diadona

Terlepas dari mitos-mitos ibu hamil seputar air kelapa, sebenarnya apa saja manfaat air kelapa untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

1. Meringankan Mulas dan Sembelit

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang pertama adalah meringankan sembelit dan rasa mulas. Ya, kondisi tersebut memang umum terjadi pada ibu hamil karena perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan.

Nah, untuk meringankan kondisi kesehatan tersebut, Moms bisa mengonsumsi air kelapa. Sebab, di dalam air kelapa terdapat serat makanan yang bisa memperkuat sistem pencernaan, mengatur tingkat pH, melancarkan pencernaan, hingga mencegah sembelit.

2. Terhindar dari Dehidrasi

Ibu hamil memang mudah sekali haus. Bahkan, meski cuaca sedang tidak terlalu panas sekalipun keringat selalu saja muncul. Hal ini membuat kamu jadi mudah kepanasan, apalagi kalau Moms harus bolak-balik ke toilet karena mual muntah. Makin terasa cepat lelah, bukan?

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi air kelapa. Sebab, kandungan elektrolit air kelapa bisa mengatasi cairan tubuh Moms secara cepat sehingga terhindar dari dehidrasi.

2 dari 4 halaman

3. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Gejala Infeksi Saluran Kemih © Diadona

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk mencegah infeksi saluran kemih. Selain itu, air kelapa muda juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal serta menurunkan tekanan darah tinggi yang di dapat pada kandungan kalium dalam air kelapa. Sayangnya, hal ini dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya ya, Moms.

4. Menstabillkan Tekanan Darah

Tingkat elektrolit yang rendah ternyata bisa memicu tekanan darah pada Ibu hamil. Sehingga, dengan mengonsumsi air kelapa bisa meningkatkan kadar potasium, magnesium, serta asam laurat untuk membantu mengatur tekanan darah.

Menariknya lagi, manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga bisa meningkatkan kolesterol baik dan memerangi kolesterol jahat, lho. Hal ini dikarenakan vitamin, protein esensial, serta elektrolit dalam air kelapa mengontrol kadar gula, tingkat tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi.

Sehingga, dengan mengonsumsi segelas air kelapa setiap hari sangat berguna pada trimester akhir saat ada ketegangan yang bisa meningkatkan tekanan darah.

3 dari 4 halaman

5. Diuretik Alami

Ilustrasi Wanita Hamil © Diadona

Perlu diketahui, bahwa selama masa kehamilan, kadar asam urat harus berada dalam kadar normal pada sistem tubuh. Nah, dikarenakan air kelapa bersifat diuretic dan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil karena adanya magnesium, potasium dan mineral, hal ini akan membantu ibu hamil dalam membuang racun dan membersihkan saluran kemih.

Ohiya, proses ini dipercaya juga bisa meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah batu ginjal dan infeksi sehingga bisa menurunkan kemungkinan persalinan prematur

6. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil selanjutnya yaitu untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Hal ini disebabkan air kelapa muda memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau koletserol baik pada tubuh.

7. Rendah Lemak dan Kalori

Jika Moms mengalami kenaikan berat badan berlebih saat hamil, maka cobalah rutin minum air kelapa muda. Pasalnya, air kelapa mengandung sedikit kalori dan bebas lemak, sehingga khasiatnya pung sangat membantu kamu untuk menjaga berat badan selama hamil.

4 dari 4 halaman

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Wanita Hamil Cek Kandungan © Diadona

Tak hanya untuk menstabilkan tekanan darah, ternyata manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga membantu dalam menjaga kesehatan jantung, lho. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium serta magnesium tinggi yang terkandung pada air kelapa muda. Selain itu, air kelapa ini juga diperlukan untuk ibu hamil dalam menjaga kesehatan janinnya.

9. Sumber Vitamin C dan B

Moms tahu nggak sih, ternyata salah satu kandungan penting dari air kelapa ialah kandungan vitamin C yang tinggi. Dimana kandungan vitamin C pada air kelapa muda ini bisa membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap harinya, terutama bagi ibu hamil.

Selain vitamin C, manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin B sehingga membantu penggantian jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Wah, ternyata ini alasan orang jaman dahulu kenapa ibu hamil harus minum air kelapa.

10. Meningkatkan HDL

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang terakhir adalah bisa meningkatkan HDL. Ya, air kelapa muda terbukti memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh, terutama untuk ibu hamil.

Tak hanya itu saja, HDL juga bisa menekan tingginya angka kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh serta dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis lain yang disebabkan oleh tingginya kadar LDL di dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang perlu diketahui, semoga informasi ini bermanfaat untuk para Ibu yang sedang menjalani kehamilan.

Beri Komentar