Akupuntur Bisa Tingkatkan Kesuburan dan Bantu Wanita Cepat Hamil, Benar Nggak ya?

Pregnancy | Jumat, 20 November 2020 06:30
Akupuntur Bisa Tingkatkan Kesuburan dan Bantu Wanita Cepat Hamil, Benar Nggak ya?

Reporter : Devi Puspitasari

Benar nggak ya akupuntur bisa jadi terapi biar cepat hamil?

Banyak dari Moms tentu sudah mengenal akupuntur ya. Terapi dengan menggunakan jarum ini memang cukup terkenal untuk menyembuhkan penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Tapi, nggak sedikit juga yang menyebut bila akupuntur juga bisa sebagai salah satu cara cepat hamil dan mengatasi masalah kesuburan. Kira-kira hal ini benar nggak ya? Yuk, simak ulasannya yang sudah Diadona rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

2 dari 6 halaman

Apakah Terapi Akupunktur Bisa Bikin Wanita Cepat Hamil?

 AkupunturAkupuntur © Medical News Today

Sayangnya, masih belum ada hasil penelitian yang pasti Moms apakah cara ini benar-benar ampuh bisa meningkatkan kesuburan atau tidak. Tapi dalam tinjauan terhadap 23 penelitian menyebutkan bahwa akupunktur ini bisa meningkatkan kemungkinan hamil pada wanita yang menjalani program bayi tabung atau IVF. Meski temuan ini masih menimbulkan perdebatan.

Terlepas apakah cara ini ampuh untuk meningkatkan kesuburan, akupunktur sendiri sudah terbukti membantu mengurangi depresi yang jadi salah satu penyebab susah hamil, Moms. Selain juga bisa mengurangi stres dan kecemasan yang bisa menyebabkan masalah kesuburan.

3 dari 6 halaman

Ada Nggak ya Risikonya?

Umumnya, melakukan akupunktur aman Moms. Tapi, penting untuk mencari seorang profesional dan berlisensi yang paham tentang perawatan infertilitas.

Sebagai tindakan pencegahan ekstra, Moms bisa meminta melihat jarum yang akan digunakan dalam perawatan untuk memastikan jarum itu masih dikemas dan merupakan jarum sekali pakai.

Setelah sesi konsultasi Moms pada ahli akupunktur selesai, biasanya ahli akupunktur itu akan melakukan beberapa terapi di berbagai titik pada tubuh.

4 dari 6 halaman

 Akupuntur Terbukti Bermanfaat bagi Kesehatan, Bagaimana Jarum Bisa Menyembuhkan Penyakit?Akupuntur Terbukti Bermanfaat bagi Kesehatan, Bagaimana Jarum Bisa Menyembuhkan Penyakit? © © MEN

Titik-titik tekanan di kepala berfungsi untuk mendorong relaksasi, sementara titik-titik di sekitar perut membantu membuka suplai darah segar ke ovarium. Sementara itu, titik lain di sekitar kaki bagian bawah digunakan untuk meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi, yang dimulai di kaki.

Biasanya, jarum akupunktur ini akan dibiarkan selama sekitar 20-25 menit saat Moms bersantai di sebuah ruangan.

5 dari 6 halaman

Manfaat Akupunktur

Terapi akupunktur unuk fertilitas sendiri membawa sederet manfaat Moms. Berikut beberapa diantaranya.

1. Membantu mengatasi masalah keguguran yang terus berulang.

2. Memperbaiki lapisan endometrium termasuk juga meningkatkan aliran darah ke rahim.

3. Mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

4. Membantu mengatur kadar hormon, khususnya hormon pelepas gonadotropin sehingga bisa memperbaiki tingkat ovulasi.

Join Diadona.id