Alergi pada Anak, Bisa Nggak ya Dicegah Sejak Ibu Hamil?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 17 September 2020 09:30
Alergi pada Anak, Bisa Nggak ya Dicegah Sejak Ibu Hamil?
Bisa nggak ya?

Alergi pada makanan bisa dialami oleh siapa saja ya Moms terleas dari faktor usia. Mulai dari bayi hingga orang dewasa, bahkan ibu hamil semuanya bisa berpotensi mengalami alergi.

Meski beberapa alergi nggak berbahaya, kebanyakan ibu yang mengalami alergi saat hamil pasti ada rasa khawatir ya nantinya anak akan mengalami alergi juga atau nggak.

Sebenarnya alergi pada anak ini bisa dicegah nggak ya? Berikut ulasannya, Moms.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Melansir dari Healthline, meski bisa dicegah faktor genetik juga berpengaruh lho Moms. Anak yang lahir dari orang tua yang memiliki alergi berisiko lebih tinggi mengalami alergi.

Sebuah studi yang melibatkan 1.315 wanita hamil menunjukkan anak-anak yang lebih mungkin mengembangkan eksim dan atau alergi makanan dilahirkan dari ibu yang memiliki riwayat penyakit alergi.

2 dari 3 halaman

Makanan Tidak Berpengaruh

Sebelumnya, mungkin Moms juga sering mendengar bahwa makanan tertentu seperti kacang, susu, keju, dan lainnya bisa meningkatkan risiko bayi mengalami alergi nantinya. Faktanya, hal ini nggak berpengaruh lho Moms.

Sebuah penelitian baru menunjukkan ketatnya mengonsumsi jenis makanan tertentu saat hamil nggak berpengaruh pada alergi pada anak.

3 dari 3 halaman

Lalu gimana sih cara mencegah alergi pada bayi?

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Ada beberapa cara nih Moms yang bisa dilakukan untuk mencegah alergi pada bayi. Salah satunya mengonsumsi makanan bergizi dan lebih bervariasi selama kehamilan sampai menyusui. Sementara bagi bayi yang lahir dari ibu yang memiliki alergi, sangat direkomendasikan agar mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan pertama.

Nggak hanya bisa meningkatkan sistem imun bayi, nggak jarang ASI menyebabkan alergi pada bayi. Selain itu juga ASI lebih mudah dicerna dan sebagai nutrisi utama bagi buah hati.

Jadi, itu dia Mom sederet penjelasan mengenai alergi pada anak dan kehamilan. Semoga membantu, ya.

Beri Komentar