Aman Gak Sih Mengonsumsi Kimchi saat Hamil?

Reporter : Mila
Jumat, 8 Oktober 2021 11:57
Aman Gak Sih Mengonsumsi Kimchi saat Hamil?
Moms yang suka makan kimchi merapat!

Saat menonton drama Korea untuk mengisi waktu luang selama masa kehamilan, tak jarang Moms jadi ikutan ngidam kimchi. Apalagi ketika para pemain di drama tersebut sedang berada di restoran dan asik mengonsumsi kimchi.

Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang termasuk jenis asinan sayuran hasil fermentasi. Olahan kimchi punya berbagai macam sayuran mulai dari wortel, lobak, sawi putih, bawang bombay, hingga daun kucai. Rasa kimchi pun bercampur di dalam mulut, mulai dari asam, pedas, asin hingga sedikit manis.

1 dari 3 halaman

Makan Kimchi saat Hamil

ilustrasi kimchi © Diadona

Secara umum, makanan fermentasi seperti kimchi terbilang aman untuk ibu hamil.

Meski begitu, Moms harus tetap menggunakan prinsip untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan dan perlu memastikan semuanya dibuat secara higienis.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kimchi untuk Ibu Hamil

Ternyata, kimchi juga punya beberapa manfaat lho untuk ibu hamil, seperti:

  • Memperlancar Sistem Pencernaan
    Sembelit adalah salah satu masalah sistem pencernaan yang seringkali terjadi pada ibu hamil. Oleh karena itu, jika Moms ingin memperlancar sistem pencernaannya, maka perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi yakni kimchi. 
  • Mengurangi Kadar Gula Berlebih
    Saat hamil, pasti susah mengontrol pola makan. Tanpa sadar, Moms mengonsumsi makanan dengan gula tinggi seperti pasta, biskuit hingga roti. Nah, gula berlebih tersebut bisa dinetralisir dengan makanan fermentasi seperti kimchi.

3 dari 3 halaman

  • Menjaga Berat Badan
    Melansir Live Strong melalui sebuah laporan yang diterbitkan dalam Journal of Maternal-Fetal and Neonatal Medicine, asupan probiotik yang terdapat dalam kimchi selama masa kehamilan menjaga berat badan menjadi lebih ideal.
  • Meningkatkan Imun
    Perlu diketahui, makanan fermentasi yang dikonsumsi selama hamil bisa meningkatkan kadar nutrisi, sehingga janin di dalam kandungan pun mendapatkan tambahan gizi. Kimchi mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12 hingga zat besi yang meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil.

Nah, sekarang sudah paham kan Moms? Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar