Apakah Benar Perut Kembung Bisa Jadi Tanda Awal Kehamilan?

Pregnancy | Kamis, 29 Juli 2021 18:57

Reporter : Mila Ismiranda

Kira-kira hamil gak ya, Moms?

Kehamilan adalah menjadi momen yang paling dinantikan untuk semua pasangan suami istri, terutama yang telah menantikan sejak lama. Tak jarang, beberapa perempuan masih bingung dalam membedakan tanda-tanda dirinya hamil atau tidak. 

Perut kembung yang bisa menjadi tanda-tanda awal kehamilan masih seringkali dianggap sebagai gejala haid. Padahal keduanya berbeda lho!

Untuk penjelasan lebih lanjut, simak artikel di bawah ya Moms!

Apakah Benar Perut Kembung Bisa Jadi Tanda Awal Kehamilan?
2 dari 5 halaman

Sulit Dibedakan

Melansir TodayParent, umumnya gejala perut kembung yang menjadi tanda kehamilan ini terjadi ketika haid. Kondisi inilah yang seringkali sulit ketika harus membedakan dari gejala pramenstruasi bulanan.

Peningkatan gas di dalam perut sebagai tanda awal kehamilan umum terjadi. Kondisi perut kembung ternyata tidak hanya terjadi di awal-awal kehamilan, tapi hingga sembilan bulan selama mengandung si Kecil.

Untuk memastikan apakah Moms benar-benar hamil, cobalah untuk melihat tanda kehamilan lainnya mulai dari fisik dan psikis.

3 dari 5 halaman

Perut Kembung karens Haid

Jika haid, kembung menjadi tanda alami karena adanya retensi cairan yang mampu memicu rasa kenyang. Bahkan berat badan akan mulai terlihat naik dan turun selama fase haid.

4 dari 5 halaman

Perut Kembung Tanda Awal Kehamilan

Sedangkan jika hamil, perut akan lebih sering kembung terutama setelah mengonsumsi makan karena rahim mendorong ke daerah perut. Selain itu, tanda-tanda kehamilan akan semakin terlihat ketika kondisi perut kembung dibarengi dengan sensasi rasa mual dan ingin muntah.

5 dari 5 halaman

Mengatasi Perut Kembung di Awal Kehamilan

Melansir Huggies, berikut beberapa langkah mengatasinya perut kembung karena hamil: 

  • Mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur atau buah-buahan.
  • Rutin meminum air putih. Hal ini mampu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh.
  • Makan dengan porsi sedikit, tapi lebih sering. Karena makan dengan porsi besar dan terburu-buru bisa meningkatkan produksi gas yang memicu perut kembung.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Moms!

Join Diadona.id