Apakah Boleh Ibu Hamil Tidur saat Menunggu Pembukaan Menjelang Persalinan?

Pregnancy | Kamis, 28 Oktober 2021 11:57

Reporter : Mila Ismiranda

Agar tidak salah, simak dulu yuk Moms.

Menjelang persalinan, pasti Moms sudah tidak asing dengan kata pembukaan.

Pembukaan sangatlah penting, karena ini akan menjadi penentu seberapa cepat bayi akan dilahirkan ke dunia. Saat proses pembukaan, umumnya Moms juga akan merasakan kontraksi atau rasa sakit yang diiringi.

Tapi yang sering menjadi pertanyaan, apakah saat pembukaan ibu hamil diperbolehkan untuk tidur?

Apakah Boleh Ibu Hamil Tidur saat Menunggu Pembukaan Menjelang Persalinan?
2 dari 4 halaman

Fase Awal Menuju Persalinan

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Pembukaan jadi indikasi awal menuju persalinan. Beberapa bidan ataupun dokter menyebutkan bahwa fase awal pembukaan menjadi fase yang sedikit sulit diprediksi.

Kebanyakan ibu hamil tidak merasakan bahwa dirinya tengah alami pembukaan. Tapi, beberapa ibu hamil lainnya mengalami rasa sakit dalam jangka waktu yang lama sesuai siklus kontraksi yang dirasakan.

Saat Moms mengalami kontraksi, dokter umumnya akan meminta untuk mengkonsentrasikan diri pada setiap kontraksi yang dirasakan. Sebab serviks akan mengalami perubahan dengan cepat untuk mempermudah mengetahui kapan fase pembukaan akan berakhir.

3 dari 4 halaman

Lama Waktu Pembukaan

Ibu hamil yang baru pertama kali melahirkan umumya punya jangka waktu pembukaan antara lima sampai sepuluh jam. Sementara, untuk ibu hamil yang sudah pernah melahirkan diperkirakan memiliki jangka waktu pembukaan antara dua sampai delapan jam.

Selama fase pembukaan ini, tubuh Momsharus disiapkan sebaik mungkin dalam menghadapi kontraksi yang lebih intensif, serta mempersiapkan proses persalinan. Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk calon Moms beristirahat yang cukup sebelum memasuki waktu persalinan dan menuju rumah sakit.

4 dari 4 halaman

Bolehkan Tidur saat Pembukaan?

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Pembukaan menuju persalinan sendiri terdiri hingga 10 pembukaan. Kalau masih tahap pembukaan awal (1-3), Moms bisa melakukan kegiatan biasa di rumah dengan tetap berpikir positif, tenang, dan bahagia.

Selain itu, Moms juga perlu memperbanyak istirahat dan minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi saat proses persalinan nanti.

Ibu hamil juga bisa tidur selama kontraksi pembukaan awal berlangsung jika memungkinan. Selain untuk membuat tubuh lebih tenang, tidur berguna untuk menyimpan energi yang cukup untuk persalinan nanti.

Gimana, sekarang paham kan Moms?

Join Diadona.id