Apakah Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Kembar Berbeda dari Kehamilan Biasanya?

Pregnancy | Kamis, 23 Juni 2022 10:57

Reporter : Mila Ismiranda

Jangan di-skip ya Moms.

Memang benar, kebutuhan nutrisi ibu hamil kembar cenderung lebih banyak daripada kehamilan biasanya. Melansir The American College of Obstetricians and Gynaecologists, kebanyakan ibu hamil kembar memerlukan ekstra kalori lebih banyak daripada kehamilan biasa.

Lantas, bagaimana pola makan yang sebaiknya Moms lakukan bila hamil kembar? Simak penjelasannya di sini ya!

Apakah Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Kembar Berbeda dari Kehamilan Biasanya?
2 dari total 6 halaman

Kalori Harian Kehamilan Kembar

Melansir situs Brigham and Women’s Hospital, berikut penambahan kalori harian yang dibutuhkan pada kehamilan kembar di tiap trimesternya:

  • Pada trimester pertama, Anda perlu menambah sekitar 300 kalori/hari untuk masing-masing bayi.
  • Pada trimester kedua, 340 kalori/hari untuk masing-masing bayi.
  • Pada trimester ketiga, 452 kalori/hari untuk masing-masing bayi.

Jadi, misalnya Moms hamil kembar dua, kalori tambahan yang dibutuhkan adalah sebesar 600 kalori. Kalau kebutuhan energi harian Moms adalah 2.000 kalori, artinya perlu 2.600 kalori setiap hari selama trimester pertama.

3 dari total 6 halaman

Yang Perlu Diperhatikan

Meski begitu, penambahan kalori berdasarkan jumlah bayi yang dikandung bukan satu-satunya tolok ukur. Ini juga harus disesuaikan dengan berat badan Moms sebelum hamil.

Kalau sebelum hamil Moms sudah memiliki berat badan berlebih, sebaiknya berhati-hati dalam menambah asupan kalori harian agar kenaikan berat badan tidak berlebihan.

Berat badan berlebih saat hamil berisiko menyebabkan berbagai komplikasi kehamilan seperti pre-eklampsia, diabetes gestasional, dan lain sebagainya.

4 dari total 6 halaman

Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil Kembar

Pada dasarnya, jenis-jenis nutrisi yang diperlukan pada kehamilan kembar sama saja dengan nutrisi untuk kehamilan dengan satu janin, seperti:

  • Asam folat
  • Protein
  • Kalsium
  • Vitamin D
  • Yodium
  • Zat besi
5 dari total 6 halaman

Suplemen Kehamilan

Di samping mengonsumsi makanan sehat, Moms mungkin memerlukan suplemen kehamilan tambahan untuk mendukung pemenuhan zat-zat gizi yang penting. Hal ini karena kehamilan kembar lebih berisiko terhadap cacat lahir dan anemia.

Maka dari itu, dokter mungkin akan memberikan suplemen prenatal yang mengandung asam folat dan zat besi untuk mencegah risiko-risiko tersebut.

Join Diadona.id