Apakah Normal Keringat yang Berlebihan pada Ibu Hamil? Ini Penjelasannya!

Reporter : Mila
Rabu, 26 Mei 2021 10:57
Apakah Normal Keringat yang Berlebihan pada Ibu Hamil? Ini Penjelasannya!
Ternyata ada banyak macam penyebab sering berkeringat saat hamil.

Saat hamil, banyak perubahan dalam tubuh yang akan Moms rasakan. Perubahan-perubahan ini terkadang menyebabkan ketidaknyamanan, salah satunya saat mengalami tubuh sering berkeringat selama kehamilan.

Berkeringat saat hamil adalah keluhan umum yang dirasakan para ibu hamil. Keringat ini sendiri merupakan cairan yang berasal dari kelenjar keringat yang ada di bawah di kulit, fungsinya untuk menormalkan suhu tubuh sesuai dengan keadaan atau suhu lingkungan.

Lantas, kenapa ibu hamil sering mengeluarkan keringat berlebih?

1 dari 2 halaman

Penyebab Ibu Hamil Sering Berkeringat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ibu hamil sering berkeringat, di antaranya:

  • Perubahan Hormon
    Peningkatan hormon progesteron menjadi penyebab tubuh menjadi lebih mudah berkeringat karena hormon ini bisa memengaruhi suhu tubuh.
  • Peningkatan Aliran Darah
    Rupanya peningkatan aliran darah memengaruhi suhu tubuh, sehingga tubuh akan berkeringat untuk 'mendinginkannya'.
  • Kenaikan Berat Badan
    Peningkatan berat badan selama kehamilan bisa membuat Moms sering berkeringat.
  • Stres
    Saat mengalami stres atau cemas, tubuh akan merespon dengan mengeluarkan keringat. Jadi jangan sering-sering stres ya, Moms.
  • Penyakit Tertentu
    Meskipun pada umumnya keringat selama kehamilan tak perlu dikhawatirkan, tapi hal ini juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit yang diderita. Menurut Asisten profesor di Albert Einstein College of Medicine of Yeshiva University, AS , Mary L Rosser, Moms perlu khawatir jika keluarnya keringat saat hamil diikuti dengan gejala lain seperti demam dan detak jantung yang cepat. Karerna bisa jadi ini adalah tanda Moms mengalami gangguan tiroid.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Mengatasi Keringat Berlebih saat Hamil?

Meskipun pada dasarnya belum ada obat ampuh untuk menghentikan keringat yang keluar berlebih saat hamil, tapi Moms bisa mengakalinya dengan:

  • Tidak Kekurangan Cairan
    Dianjurkan untuk minum air lebih dari 2 liter sehari, karena cairan bisa membantu tubuh untuk mengatur suhu lebih stabil.
  • Hindari Sinar Matahari Langsung
    Saat tubuh dalam kondisi normal, berada di paparan sinar matahari langsung bisa menyebabkan badan berkeringat, terlebih untuk ibu hamil.
  • Pilih Bahan Pakaian dan Alas Tidur
    Ibu hamil disarankan memakai pakaian dengan bahan yang ringan dan menyerap keringat. Jangan lupa juga untuk melapisi alas tidur dengan handuk untuk membantu penyerapan keringat di malam hari.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya!

Beri Komentar