Apakah Perut Kembung Bisa Jadi Indikasi Awal Kehamilan?

Pregnancy | Sabtu, 2 Oktober 2021 15:28

Reporter : Prisma Difta

Simak yuk moms

Kehamilan adalah momen yang banyak diimpikan oleh pasangan, tak hayal beberapa dari mereka berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mendapatkannya. Namun, beberapa wanita yang masih awal justru masih bingung dengan tanda-tanda kehamilan tersebut.

Banyak juga mitos yang beredar di kalangan ibu hamil, salah satunya adalah apakah kembung adalah awal dari kehamilan itu benar? Intip yuk jawabannya

Apakah Perut Kembung Bisa Jadi Indikasi Awal Kehamilan?
2 dari 4 halaman

Tanda haid atau awal kehamilan?

Dilansir dari TodayParent, kembung juga biasa dialami oleh wanita yang akan mengalami haid atau disebut tanda pramestruasi. Hal ini membuat kita kesulitan untuk membedakan mana gejala hamil atau tanda akan haid.

Diketahui bahwa meningkatnya gas dalam perut saat awal kehamilan memang sering terjadi di beberapa wanita, namun, hal ini nyatanya tidak hanya terjadi di awal kehamilan namun juga sering terjadi pada kehamilan tua.

3 dari 4 halaman

Cara membedakannya

Perut kembung juga terjadi karena meningkatnya hormon progesteron pada wanita, hal ini ternyata dapat memicu meningkatnya jaringan otot polos pada salauran cerna sehigga bisa membuat perut menjadi kembung

Untuk membedakannya, ibu perlu lebih teliti lagi, Jika haid, kembung menjadi tanda alami karena adanya retensi cairan yang mampu memicu rasa kenyang. Bahkan berat badan akan mulai terlihat naik dan turun selama fase haid. 

Sedangkan untuk tanda pada awal kehamilan, perut akan lebih sering kembung terutama setelah mengonsumsi makan karena rahim mendorong ke daerah perut. hal ini juga biasanya dibarengi oleh tanda-tanda lain seperti muntah atau mual.

Semoga membantu!

Join Diadona.id