Bau Badan Lebih Menyengat saat Hamil, Ternyata Ini Penyebabnya!

Reporter : Mila I
Selasa, 29 Maret 2022 10:57
Bau Badan Lebih Menyengat saat Hamil, Ternyata Ini Penyebabnya!
Ibu hamil biasanya mengalami bau badan yang kurang sedap.

Moms, pasti pernah mendengar istilah pregnancy glow. Ya, kondisi yang membuat ibu hamil terlihat lebih cantik dan tampak bersinar. Sayangnya, tidak semua wanita mengalami hal tersebut. Semua kembali pada kondisi orang yang berbeda-beda.

Saat hamil, terjadi perubahan-perubahan kadang tidak pernah dikira. Salah satunya seperti munculnya bau badan yang tidak sedap dan lebih menyengat dari biasanya.

Lantas, apa ya penyebabnya?

1 dari 4 halaman

Penyebab Bau Badan saat Hamil

Studi dari Frontiers in Psychology tahun 2014 mengungkapkan, bau badan tidak sedap saat hamil muncul karena metabolisme basal meningkat selama kehamilan. Artinya, kondisi ini turut meningkatkan aliran darah dan suhu tubuh Moms. Oleh karena itu, kelenjar keringat menjadi lebih aktif dan meningkatkan jumlahnya.

2 dari 4 halaman

Indra Penciuman Lebih Peka

Meski begitu, studi dari Mansoura University Egypt mengungkapkan hal lainnya, yaitu indra penciuman ibu hamil akan jauh lebih tinggi. Hal inilah yang kemudian membuat ibu hamil mudah mencium bau keringat mereka. Padahal sebenarnya, bau badan saat hamil tersebut normal atau biasa saja. Tapi, Moms bisa menganggapnya sebagai bau badan yang tidak sedap.

3 dari 4 halaman

Pemicu Bau Badan saat Hamil

Ternyata ada faktor-faktor tertentu yang juga bisa menjadi pemicu bau badan saat hamil, yaitu:

  • Perubahan hormon
  • Perubahan pola makan
  • Mudah berkeringat

Beri Komentar