Bayi yang Lahir secara Caesar Lebih Mudah Sakit, Benarkah?

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 23 November 2020 09:30
Bayi yang Lahir secara Caesar Lebih Mudah Sakit, Benarkah?
Melahirkan secara caesar buat bayi punya sistem imun lebih rendah, benar nggak ya?

Bisa melahirkan buah hati dengan sehat dan selamat tentu jadi harapan setiap calon ibu. Banyak metode persalinan yang bisa dipilih ibu saat melahirkan, salah satunya caesar. Bahkan, nggak sedikit dokter yang menganjurkan metode persalinan satu ini bila memang diperlukan.

Tapi benar nggak sih bila bayi yang lahir secara caesar punya sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah? Daripada penasaran langsung saja yuk kita simak ulasannya yang dilansir dari BioTechniques berikut ini.

1 dari 5 halaman

Pengaruhi Imun Bayi

Ilustrasi melahirkan caesar © Diadona

Nyatanya, penelitian menunjukkan bahwa melahirkan melalui caesar bisa memengaruhi imun bayi lho Moms.

Bahkan, penelitian terbaru menemukan bahwa bayi yang lahir melalui caesar mungkin memiliki sistem kekebalan yang terganggu di kemudian hari. Hal ini karena kurangnya paparan bakteri tertentu yang biasanya akan terjadi selama proses persalinan normal.

2 dari 5 halaman

Kami menemukan zat bakteri spesifik yang merangsang sistem kekebalan pada bayi yang lahir melalui vagina," ucap penulis penelitian itu, Paul Wilmes dari Universitas Luxemburg, Luksemburg.

" Sebaliknya, stimulasi kekebalan pada anak-anak yang lahir secara caesar jauh lebih rendah, baik karena pemicu bakteri (yang ada pada ibu) jauh lebih rendah atau zat bakteri lain yang menghambat reaksi kekebalan awal ini terjadi," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Persalinan Normal dan Caesar

Ilustrasi Melahirkan © Diadona

Sebuah studi yang diterbitkan di Nature Communications juga menyebutkan bahwa anak yang lahir dengan persalinan normal mengambil sebagian besar dosis awal mikrobiota dari vagina ibu, berbeda dengan anak yang lahir secara caesar yang lebih banyak terpapar mikrobiota di lingkungan rumah sakit.

Hal ini mungkin menjelaskan mengapa, secara epidemiologis, anak yang lahir sesar lebih sering menderita penyakit kronis terkait sistem kekebalan dibandingkan dengan bayi yang lahir melalui vagina,” jelas Wilmes.

Bisa jadi sistem kekebalan anak-anak ini diatur pada jalur yang berbeda sejak dini," sambungnya.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Sebenarnya, bayi sudah dalam keadaan steril Moms sejak dari dalam rahim. Kondisi ini berubah saat mereka lahir dan terpapar dunia luar, kala itu bayi mulai 'mengonsumsi' bakteri yang dengan cepat bisa menjajah usus. 

Meski begitu, Moms yang melahirkan secara caesar nggak perlu khawatir karena imunitas bayi bisa kembali optimal dengan cara memberikan ASI eksklusif. Hal ini karena ASI mengandung prebiotik dan probiotik yang membantu menstimulasi pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik dalam usus.

Beri Komentar