Beberapa Tanda Posisi Janin Udah Masuk Panggul, Wah Makin Dekat nih Lahirannya!

Pregnancy | Kamis, 25 Juni 2020 11:17
Beberapa Tanda Posisi Janin Udah Masuk Panggul, Wah Makin Dekat nih Lahirannya!

Reporter : Riza Umami

Perhatikan beberapa tandanya ini ya, Mom.

Hari yang dinanti-nanti akhirnya akan tiba juga yaitu hari kelahiran. Sudah mengandung selama sembilan bulan lamanya, kini bayi ibu akan lahir ke dunia ini. Tentu ini adalah momen membahagiakan yang sudah ditunggu-tunggu.

Salah satu yang menjadi tanda proses persalinan ini makin dekat adalah ketika posisi janin sudah masuk ke panggul. Namun, bagaimana sih caranya agar kita tahu Mom kalau si kecil ini posisinya sudah masuk ke panggul?

2 dari 4 halaman

Ada beberapa tanda ketika janin sudah masuk ke panggul. Salah satunya yaitu ketika bagian bawah perut menurun. Perut ibu akan terlihat menurun dan lebih besar. Kalau dilihat dari samping pun bentuknya akan menyerupai sebuah hidung.

 Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © 2020 https://freepik.com/

Tanda yang berikutnya yaitu biasanya napas akan lebih ringan dibandingkan sebelumnya. Hal ini disebabkan, posisi bayi yang sebelumnya ada di bawah rusuk, kini sudah turun dan masuk ke panggul. Ibu pun bisa bernapas dengan lebih mudah.

3 dari 4 halaman

Selain itu, ibu juga akan mengalami keputihan yang lebih banyak. Ini karena lendir akan keluar makin banyak dan pada bagian vagina akan terasa basah. Tak perlu khawatir karena ini adalah hal yang normal. Bahkan lendir ini akan menghalau bakteri untuk masuk ke dalam rahim.

Nyeri punggung biasanya juga akan makin bertambah saat hari kelahiran makin dekat. Umumnya, akan terasa di bagian punggung bagian bawah dan bagian-bagian organ reproduksi juga akan makin meregang. Biarpun nyerinya makin terasa sakit, sabar dulu ya Mom karena sebentar lagi akhirnya si kecil akan lahir.

 Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © pond5.com

4 dari 4 halaman

Nafsu makan ibu juga akan ikut meningkat. Hal ini dikarenakan posisi bayi yang sebelumnya memenuhi rongga perut, kini sudah turun ke panggung sehingga rasa penuh di perut ini pun akan berkurang. Di lain sisi, nafsu makan ibu pun akan meningkat karena bisa makan dengan nyaman.

Nah, itulah beberapa tanda saat posisi bayi sudah turun ke panggul. Semoga proses persalinan yang sudah di nanti akan berjalan dengan lancar ya Mom. Sehat-sehat selalu.

Join Diadona.id