Benar Nggak sih Olahraga Bisa Sebabkan Keguguran?

Pregnancy | Rabu, 13 Januari 2021 06:30
Benar Nggak sih Olahraga Bisa Sebabkan Keguguran?

Reporter : Devi Puspitasari

Nggak sedikit ibu yang masih khawatir bila olahraga bisa sebabkan keguguran.

Memiliki kehamilan yang sehat tentu jadi dambaan setiap calon ibu. Karena itu, biasanya ibu menghidari berbagai aktivitas yang dikhawatirkan bisa menyebabkan keguguran salah satunya olahraga.

Nggak sedikit ibu yang khawatir bila olahraga bisa sebabkan keguguran. Tapi, benar nggak sih jika olahraga memang bisa menyebabkan ibu alami keguguran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga Bisa Sebabkan Keguguran?

 Ilustrasi ibu hamil olahragaIlustrasi ibu hamil olahraga © shutterstock.com

Dikutip dari Verywell Famiy, berdasarkan analisa penelitian yang meninjau lebih dari 100 penelitian lain tentang aktivitas fisik dan kehamilan, menemukan fakta bahwa kurang dari 1% " efek samping" yang bisa ditimbulkan olahraga Moms. Selain itu, efek yang ditimbulkan juga bukan keguguran atau komplikasi kehamilan Moms melainkan kontraksi uterus.

Hal ini juga sejalan dengan ulasan penelitian lainnya yang diterbitkan pada tahun 2019. Ulasan penelitian itu menemukan fakta bahwa olahraga prenatal nggak terkait dengan peningkatan kemungkinan keguguran.

3 dari 4 halaman

Faktor Penyebab Keguguran

 Ilustrasi Ibu Hamil LariIlustrasi Ibu Hamil Lari © shutterstock

Bila sebelumnya Moms pernah mengalami keguguran, sangat wajar bila Moms jadi lebih waspada terhadap berbagai kegiatan yang mungkin bisa menyebabkan keguguran. Tapi, faktanya mayoritas keguguran di trimester pertama disebabkan oleh kelainan kromosom dan olahraga sendiri nggak mengubah susunan kromosom bayi.

Selain kromosom, faktor risiko lainnya seperti obesitas, infeksi menular seksual (IMS), penyakit tiroid, dan faktor gaya hidup yang nggak sehat juga bisa jadi penyebab lainnya ibu alami keguguran. 

Meski olahraga bukan jadi faktor utama sebagian besar keguguran, tapi kegiatan ini mungkin jadi perhatian khusus bagi ibu yang memiliki kondisi medis tertentu. Karena itu, sebaiknya Moms membicarakan lebih dulu pada dokter sebelum memutuskan untuk olahraga. Selain itu, hindari melakukan olahraga berat ya Moms selama kehamilan.

4 dari 4 halaman

Apa sih Manfaat Olahraga selama Kehamilan?

 Ilustrasi ibu hamil olahragaIlustrasi ibu hamil olahraga © healthhub.sg

Para ahli sangat merekomendasikan agar ibu berolahraga selama kehamilan. Olahraga secara teratur selama kehamilan bisa mencegah ibu mengalami komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional, preeklamsia, berat lahir bayi rendah, persalinan prematur, dan lainnya.

Jadi, olahraga sendiri bukan jadi faktor utama yang bisa menyebabkan keguguran ya Moms. Meski begitu, tetap hindari melakukan olahraga yang berat selama kehamilan. Semoga membantu.

Join Diadona.id