Benarkah Bila Demam Saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Autis?

Pregnancy | Rabu, 1 Juli 2020 07:17
Benarkah Bila Demam Saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Autis?

Reporter : Riza Umami

Apakah iya?

Demam adalah salah satu penyakit ringan yang biasanya dialami saat kondisi tubuh sedang lemah dan capek. Ibu hamil pun memiliki kondisi tubuh yang tidak seprima biasanya dan cenderung mudah lelah. Hal ini disebabkan sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Dilansir dari laman alodokter.com, sebuah penelitian menyatakan bahwa wanita hamil yang mengalami demam tinggi selama satu minggu lebih bisa berisiko lebih besar melahirkan anak dengan kondisi autisme.

2 dari 3 halaman

Sedangkan, pada penelitian yang lainnya juga diketahui adanya hubungan antara ibu hamil yang alami demam disertai flu dengan anaknya yang kemudian lahir autisme. Hal ini bisa terjadi karena ternyata virus penyebab demam itulah yang berdampak buruk terhadap janin.

Ibu hamil yang mengalami demam dalam waktu yang cukup lama ini akan menyebabkan gangguan saraf pada janin yang ada di dalam kandungan. Pertumbuhan janin tersebut jadi terganggu sampai menyebabkan pembentukan yang kurang sempurna dan inilah yang menyebabkan anak menjadi autisme.

3 dari 3 halaman

Namun, ibu pun tak terlalu khawatir karena hal ini hanya terjadi pada sebagian kecil ibu hamil yang terserang demam cukup lama. Selain itu, ini bukanlah satu-satunya sebab anak jadi autis karena ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Yang perlu ibu lakukan saat terserang demam adalah beristirahat yang cukup, minum air yang banyak dan mengompres dahi agar panas cepat turun. Namun, bila selama beberapa hari demamnya tidak turun juga, sebaiknya Mom segera pergi ke dokter agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga sehat selalu ya Mom sampai proses persalinan nanti.

Join Diadona.id