Benarkah Depresi pada Pria Bisa Turunkan Peluang Hamil?

Pregnancy | Rabu, 16 September 2020 06:30
Benarkah Depresi pada Pria Bisa Turunkan Peluang Hamil?

Reporter : Devi Puspitasari

Simak ulasannya di sini yuk, Moms.

Pasti kita cukup sering mendengar ya Moms bahwa depresi bisa membawa dampak buruk. Nggak hanya pada fisik dan mental, ternyata depresi juga bisa memengaruhi kesuburan lho Moms terutama pada pria.

Melansir dari nih.gov, pria yang mengalami depresi memiliki peluang jauh lebih kecil untuk mendapatkan keturunan dibandingkan wanita. Wanita sendiri masih bisa meningkatkan kesuburannya melalui beberapa perawatan.

2 dari 4 halaman

 Ilustrasi DepresiIlustrasi Depresi © 2019 https://www.diadona.id /privacy-formula.com

Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health. Dalam penelitian itu terungkap bahwa ada keterkaitan antara infertilitas dan depresi pada pria dan wanita.

Pada penelitian lainnya yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility, juga ada keterkaitan lho Moms antara penggunaan beberapa jenis antidepresan dan risiko keguguran pada wanita.

Tapi berbeda dengan laki-laki, baik depresi maupun penggunaan antidepresan pada wanita nggak terkait dengan tingkat kehamilan yang rendah.

3 dari 4 halaman

Depresi pada Pria Mempengaruhi Kesempatan Hamil

 Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil © freepik.com

Selain itu, sebuah penelitian mengungkap bahwa 41 persen wanita yang melakukan perawatan kesuburan memiliki gejala depresi. Sedangkan, pada pria cenderung lebih banyak nih Moms yaitu sekitar hampir 50 persen.

Studi kami memberikan informasi baru pada pasien yang menderita infertilitas dan dokter mereka untuk dipertimbangkan saat membuat keputusan pengobatan,” terang Esther Eisenberg, MD dari Fertility and Infertility Branch di NIH's Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development (NICHD).

4 dari 4 halaman

Satu lagi, dalam studi lainnya yang melibatkan 1.650 wanita dan 1.608 pria ditemukan bahwa wanita dengan pasangan pria yang mengalami depresi berat punya kemungkinan 60 persen lebih kecil Moms untuk hamil dibandingkan dengan wanita dengan pasangan yang nggak mengalami depresi berat.

Jadi, depresi yang dialami calon ayah juga bisa memengaruhi kesempatan hamil lho Moms. Semoga membantu, ya.

Join Diadona.id