Benarkah Perempuan Diabetes akan Lebih Sulit Hamil?

Pregnancy | Selasa, 21 September 2021 11:57

Reporter : Mila Ismiranda

Biar lebih paham, simak dulu ya Moms!

Kalau kamu dan pasangan sedang menjalani program kehamilan dan telah berusaha semaksimal mungkin namun belum berhasil, coba cek gula darah bersama pasangan. Melansir natural-fertility-info.com, seiring meningkatnya penderita diabetes tipe 2, ternyata semakin sering ditemukan gangguan kesuburan.

Benarkah Perempuan Diabetes akan Lebih Sulit Hamil?
2 dari 5 halaman

Diabetes bukan menjadi penyebab sulit hamil, tetapi pada banyak kasus, terutama di kalangan wanita. Mereka bisa hamil dengan mudah meskipun menderita diabetes, tetapi tidak bisa mempertahankan kehamilannya.

Kadar gula darah tinggi menyebabkan embrio gagal menempel di rahim, sehingga wanita mengalami keguguran sebelum ia menyadari dirinya hamil.

3 dari 5 halaman

Risiko Lain

Meskipun embrio berhasil berkembang dalam rahim penderita diabetes, ada risiko lain yang menunggu,yaitu:

  • Peningkatan risiko bayi lahir cacat karena kerusakan sel-sel embrio oleh gula darah tinggi.
  • Bayi lahir dengan berat badan berlebih (lebih dari 4 kg) sehingga harus dilahirkan melalui operasi cesar.
  • Peningkatan risiko diabetes gestasional pada ibu, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya bagi ibu dan bayi.
4 dari 5 halaman

Merencankan Kehamilan pada Wanita Diabetes

Pasangan suami istri, dengan salah satu atau keduanya memiliki diabetes, dan tengah merencanakan kehamilan, sebaiknya mengetahui hal-hal berikut:

  1. Pengendalian kadar gula darah sangat penting untuk kesuburan. Kadar glukosa yang terlalu tinggi juga bisa memengaruhi kadar hormon di seluruh tubuh termasuk estrogen, progesteron dan testosteron yang sangat dibutuhkan agar kehamilan terjadi.
  2. Dibandingkan diabetes tipe 2, diabetes tipe 1 jauh lebih berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Perlu pemantauan ketat dalam pengendalian gula darah dengan insulin.
  3. Menurunkan berat badan adalah salah satu langkah penting dalam mengendalikan gula darah. Semakin gemuk seorang penderita diabetes, maka akan semakin sulit mengendalikan kadar gula.
5 dari 5 halaman

Agar lebih aman, Moms disarankan berkonsultasi dengan ahli endokrinologi selain dengan dokter kandungan untuk memastikan bahwa diabetes terkendali beberapa bulan sebelum mencoba hamil dan juga selama kehamilan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Join Diadona.id