Bentuk Perut Ibu Bisa Prediksi Jenis Kelamin Janin, Mitos atau Fakta?

Pregnancy | Selasa, 24 November 2020 08:23
Bentuk Perut Ibu Bisa Prediksi Jenis Kelamin Janin, Mitos atau Fakta?

Reporter : Prisma Difta

Kira-kira mitos atau fakta nih?

Mitos dan fakta soal kehamilan memang sering kita temui di Indonesia, salah satunya adalah bentuk perut pada ibu hamil yang katanya bisa menentukan kelaminan janin. Apakah hal tersebut benar atau cuma mitos belaka?

Banyak ornag bilang, katanya, kalau bentuk perut hamil terlihat membulat, berarti janin berjenis kelamin perempuan. Sementara, bila bentuk perut Ibu terlihat turun, berarti Ibu mengandung bayi berjenis kelamin laki-laki. Hmm.. apakah ibu masih percaya?

2 dari 3 halaman

Mitos atau fakta?

Jawabannya adalah MITOS. Banyak yang masih mempercayai mitos tersebut, namun, menurut beberapa artikel banyak juga yang membantahnya. Sebenarnya, bentuk dari perut ibu yang sedang hamil dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu elastisitas otot perut Ibu, volume air ketuban, posisi janin, hingga usia kehamilan.

Nah, sebenarnya disini, elastisitas dari perut dipengaruhi oleh seberapa sering wanita tersebut hamil. Dalam kehamilan pertama, umumnya ibu akan memiliki perut yang bulat karena otot masih kencang.

Sedangkan, di kehamilan selanjutnya, perut ibu akan semakin elastis dan berbeda bentuk, itu sebabnya banyak ibu yang perutnya semakin turun. Volume air ketuban juga menentukan bentuk perut hamil Ibu. Semakin banyak volume air ketuban, perut pun akan terlihat bulat dan besar

 

3 dari 3 halaman

Cara Mengetahui Jenis Kelamin

Sebenarnya, Jenis kelamin janin lebih dipengaruhi oleh hormon, usia Ibu, serta tipe kromosom sperma Ayah yang membuahi sel telur Ibu. Agar hasilnya akurat, ibu disarankan untuk melakukan test USG yang dilakukan oleh dokter kandungan. Selain itu, tes ini juga dapat mengetahui kondisi fisik janin di dalam perut, sehingga meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan!

Semoga membantu ya moms!

 

Join Diadona.id