Berisiko Bagi Janin, Ini Kandungan Kosmetik dan Skincare yang Perlu Dihindari oleh Ibu Hamil

Reporter : Mila
Selasa, 27 April 2021 08:57
Berisiko Bagi Janin, Ini Kandungan Kosmetik dan Skincare yang Perlu Dihindari oleh Ibu Hamil
Apa saja kandungan skincare dan make up yang sebaiknya ibu hamil hindari?

Saat hamil, pastinya Moms tahu kalau ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Seperti makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi, atau larangan dalam melakukan olahraga tertentu.

Begitu pada produk perawatan kecantikan yang bisa Moms gunakan. Selama hamil ada beberapa bahan yang tidak boleh digunakan untuk ibu hamil. Hal ini bukan tanpa alasan, kalau tetap digunakan, bisa saja nantinya akan memengaruhi perkembangan janin dalam kandungan.

Lantas, apa saja bahan-bahan dalam produk perawatan kecantikan yang tidak boleh untuk ibu hamil?

1 dari 2 halaman

Kandungan Skin Care dan Make Up yang Perlu Dihindari Bumil

1. Paraben

Paraben adalah kandungan yang cukup umum ditemui dalam produk krim, lotion, bahkan sabun. Paraben biasanya berfungsi untuk membasmi jamur dan bakteri. Sayangnya, jumlah paraben yang berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh. Jangankan bagi ibu hamil, paraben juga punya efek samping bagi semua orang.

Paparan paraben dinilai bisa memicu kelahiran prematur dan juga memengaruhi perkembangan otak janin.

2. Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida adalah bahan aktif yang efektif digunakan pada produk skincare untuk mengatasi masalah jerawat. Meskipun kehamilan sering menyebabkan jerawat hormonal, tapi bahan dalam produk-produk jerawat yang ada di pasara, seperti benzoil peroksida bisa membahayakan janin. Jadi jangan dipakai dulu ya, Moms!

3. Hydrokuinon

Hydrokuinon biasanya ditemukan dalam produk anti-penuaan, produk pemutih seperti krim, lotion, hingga serum. Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 45% dari bahan ini diserap dalam kulit yang bisa menyebabkan alergi ekstrem pada ibu hamil. Bila kesehatan ibu terganggu, maka kesehatan janin pun bisa ikut menurun.

2 dari 2 halaman

4. Retinoid

Retinoid, Retin A, dan Retinyl palmitate, adalah turunan dari vitamin A yang dilarang untuk ibu hamil. Kenapa? Kerena bisa mengganggu pertumbuhan organ janin yang menyebabkan cacat tubuh pada bayi bila digunakan rutin selama masa kehamilan. Kandungan tersebut umumnya terdapat dalam produk anti-aging, sehingga Moms harus menahan untuk tidak menggunakannya dulu ya!

5. Sodium Lauryl Sulfate

Sodium lauryl sulfate adalah salah satu kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil. Biasanya bahan ini terkandung pada produk sampo dan sabun.

6. Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen memang produk yang wajib dipakai untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tapi selama kehamilan, Moms perlu lebih memperhatikan kandungan di dalam sunscreen yang digunakan. Avobenzone, homosalate, octisalate, octocrylene, oxybenzone, oxtinoxate, menthyl anthranilate, dan oxtocrylene, adalah bahan-bahan dalam tabir surya yang sebaiknya dihindari selama kehamilan.

Itu tadi beberapa kandungan dalam skin care dan make up yang tidak boleh untuk ibu hamil. Jika masih ragu, Moms bisa langsung berkonsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar