Dada Terasa Panas dan Terbakar saat Hamil? Bisa jadi Heartburn Moms!

Pregnancy | Rabu, 29 September 2021 11:57

Reporter : Mila Ismiranda

Jika tidak ditangani, heartburn bisa berbahaya untuk ibu dan janin.

Heartburn adalah kondisi di mana muncul rasa perih, panas, hingga sensasi terbakar pada dada dan tenggorokan. Rasa ini muncul akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Heartburn saat hamil biasa terjadi mulai trimester pertama dan bisa berlanjut pada trimester-trimester selanjutnya.

Dada Terasa Panas dan Terbakar saat Hamil? Bisa jadi Heartburn Moms!
2 dari 4 halaman

Penyebab Heartburn saat Hamil

Ilustrasi Heartburn saat HamilIlustrasi Heartburn saat Hamil © Shutterstock

Ternyata, ada berbagai macam faktor yang memicu heartburn pada ibu hamil, seperti:

  • Pada masa kehamilan, produksi hormon progesteron akan semakin meningkat. Hal ini lah yang bisa menjadi salah satu penyebab Moms mengalami heartburn saat hamil.
  • Seiring waktu, perkembangan bayi semakin membesar. Hal ini membuat rahim juga ikut membesar dan memberi tekanan pada perut. Tekanan ini lah yang bisa memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn
  • Pencernaan yang melambat saat hamil bisa memicu terjadinya heartburn. Meski tidak nyaman untuk Moms, ternyata perlambatan pencernaan ini bermanfaat untuk janin. Lambatnya pencernaan ini memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik ke dalam aliran darah. Setelah terserap dengan baik, nutrisi tersebut kemudian disalurkan ke janin lewat plasenta.
3 dari 4 halaman

Mengatasi Heartburn saat Hamil

Melansir Kids Health, ini beberapa cara mengatasi heartburn saat hamil:

  • Mengunyah permen karet tanpa gula.
    Mengunyah permen karet tanpa gula setelah makan membantu mengatasi heartburn. Cara ini bisa meningkatkan produksi air liur dan menetralkan kelebihan asam di kerongkongan.
  • Mengonsumsi kacang almond atau olahan almond lainnya.
    Mengonsumsi kacang almond atau olahan lainnya seperti susu almond, bisa membantu meredakan dan mencegah heartburn. Hal ini karena kacang almond membantu menetralkan cairan yang ada di dalam perut Moms.
  • Mengonsumsi pepaya.
    Bagi sebagian wanita hamil, mengonsumsi pepaya segar, pepaya yang dikeringkan, atau pepaya beku bisa membantu meredakan heartburn.
4 dari 4 halaman

Harus Segera Diatasi

Sangat penting untuk segera mengatasi sensasi panas di sekitar ulu hati atau heartburn ini. Sebab kalau tidak, GERD atau asam lambung yang menyerang ibu hamil bisa menimbulkan dampak yang serius. Jika dibiarkan berlarut tanpa penanganan tepat, asam lambung naik bisa menyebabkan komplikasi pada kehamilan.

Untuk penanganan lebih lanjut, jangan lupa Moms konsultasikan pada dokter ya!

Join Diadona.id